Kesehatan

Mengandung Kolagen, Kolang-Kaling Bagus Dikonsumsi Penderita Nyeri Sendi

Satelitemx.net – JAKARTA – Ramadan adalah bulan untuk memperbanyak ibadah. Selain puasa, ada ibadah tarawih yang tersebut akan menguras fisik seseorang. Apalagi bagi penderita osteoarthritis atau radang sendi. Dikhawatirkan akan menambah rasa nyeri pada sendinya.

Dokter Spesialis Ortopedi RSI Surabaya Ahmad Yani (RSI AYani) dr Donny Permana SpOT punya solusinya. Menurut dia, penderita osteoporosis tidak ada dilarang salat tarawih.

“Namun yang mana penting menjaga asupan gizi agar bisa jadi kuat menjalankan ibadah puasa serta tarawih,” katanya.


Pasien dengan kondisi peradangan sendi ini mampu menjalankan salat tarawih. Ketika tarawih dapat dilaksanakan seperti orang normal lainnya, tak harus duduk. Namun, tak boleh yang mana terlalu cepat.

“Harus ada pemanasan dulu sebelum salat tarawih. Seperti halnya berolahraga, harus ada pemanasan lalu pendinginan. Pemasanan itu dalam bentuk salat maghrib kemudian isya. Pendinginannya bisa saja dengan salat witir. Jadi tidak ada digenjot terus-menerus. Jangan sampai lutut panas atau nyeri,” jelasnya.

Asupan gizi itu penting bagi penderita. Dokter Donny menyaranan untuk mengonsumsi kolang-kaling atau buah siwalan setiap hari. Kolang-kaling lalu siwalan itu harus yang mana murni, tidak yang beli kemasan lantaran sudah ada mengandung berbagai pengawet.

“Harus yang tersebut asli, murni. Kalau mampu yang tersebut dari lingkungan ekonomi tradisional,” ungkapnya.

Untuk jumlahnya, dr Donny menyarankan cukup 6 buah kolang-kaling setiap hari. Dan tak boleh ditambah gula atau diolah menjadi manisan.


“Dikonsumsi biasa saja, tiga buah pada waktu sahur juga tiga pada waktu berbuka puasa,” ungkapnya.

Kolang-kaling atau buah siwalan ini, kata Donny, mengandung zat kolagen, antiinflamasi, serta antioksidan. Ketiga zat itu bagus untuk penderita radang sendi. Zat kolagen bagus untuk kebugaran sendi juga lutut juga pinggul. Juga bagus untuk mengencangkan kulit.

Baca Juga:  Kemenkes Temukan 90 Persen Kasus Baru TBC , Tertinggi Sepanjang Sejarah?

Zat antiinflasi juga bagus untuk mengatasi peradangan sendi, dan juga radikal bebas bagus untuk meregenerasi sel-sel di tubuh.

“Makanya disarankan untuk mengonsumsi kolang-kaling kemudian buah siwalan itu,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button