Kesehatan

Waspada Saraf Kejepit, Ini Cara Duduk yang tersebut Benar untuk Bekerja Seharian

SateliteMX.net – Dokter ortopedi menegaskan pentingnya tahu cara duduk yang digunakan benar cegah saraf kejepit alias HNP (Hernia Nucleus Pulposus). Apalagi duduk seharian sanggup berbahaya untuk postur tubuh loh.

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD & Pekanbaru, dr. Syafrudin, Sp.OT (K) Spine menjelaskan duduk seharian memberikan tekanan pada tulang belakang yang digunakan lebih lanjut banyak melebihi berdiri.

“Pada saat tubuh duduk dalam waktu yang lama, ditambah jika Anda juga memiliki postur tubuh yang mana buruk makan ini akan meningkatkan risiko untuk mengalami saraf kejepit yang digunakan sanggup menurunkan kualitas hidup seseorang,” papar dr. Syafrudin melalui rilis Eka Hospital Group yang diterima suara.com, Selasa (7/11/2023).

Sementara itu posisi duduk yang mana benar, dapat menghindari risiko mengalami gangguan kesehatan yang bisa saja sekadar terjadi dari memburuknya postur tubuh. Berikut ini cara duduk yang mana benar cegah saraf kejepit yang perlu diperhatikan.

1. Atur Pandangan

Ilustrasi gambar saraf kejepit. (freepik)
Ilustrasi gambar saraf kejepit. (freepik)

Arah pandangan Anda pada saat duduk dapat mempengaruhi postur tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengikuti arah pandangan pada saat bekerja.

Jika terbiasa untuk bekerja dengan posisi menghadap miring, ini akan menimbulkan postur tubuh juga terlibat miring kemudian dapat merusak postur.

“Posisikan media kerja Anda lurus berhadapan dengan tubuh Anda, atur jarak layar jika Anda menggunakan komputer sebanyak 45 hingga 70 cm untuk mengurangi risiko untuk tubuh menjadi bungkuk, lalu pastikan posisi tubuh Anda tegak 90 derajat pada saat duduk,” jelas dr. Syafrudin.

2. Pakai Kursi Ergonomis

Penggunaan kursi juga dapat menentukan postur tubuh. Hindari pengaplikasian kursi plastik tanpa sandaran atau kursi kayu saat bekerja, akibat desainnya yang digunakan tidaklah cocok untuk digunakan saat bekerja.

Baca Juga:  Lesti Kejora Keguguran Anak Kedua Saat Usia Kandungan 4 Minggu, Gara-Gara Kelelahan?

Sebaiknya gunakan kursi ergonomis yang tersebut memang dirancang untuk melakukan pekerjaan saat duduk. Selain didesain untuk menentukan postur tubuh tetap baik, kursi yang disebut juga dilengkapi dengan penyandang punggung serta leher yang digunakan dapat meningkatkan kenyamanan.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk lama terjadi ketika sudah terlalu sering melakukan pekerjaan selama berjam-jam, padahal kebiasaan itu merupakan hal yang tersebut bukan baik untuk dianggap normal.

“Cobalah untuk berdiri kemudian berjalan-jalan setiap 2 jam sekali. Anda dapat menyenangkan waktu untuk berjalan beberapa menit atau melakukan stretching dalam kursi, saat otot terasa pegal selama duduk,” pungkas dr. Syafrudin. 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button