Kesehatan

Waspada Konsekuensi Terlalu Sering Mandi Air Panas, Bikin Tekanan Darah Turun

Satelitemx.net – JAKARTA – Konsekuensi terlalu kerap mandi air panas mampu memicu berbagai permasalahan kondisi tubuh yang harus diwaspadai. Tak tanggung-tanggung, ada lima efek samping mandi air panas berlebihan terhadap kesehatan.

Dilansir dari Express, Selasa (16/1/2024) Dr Mahyar Maddahali, individu praktisi medis yang digunakan fokus pada bedah pembuluh darah menyatakan apabila suhu air terlalu panas bisa saja berdampak buruk bagi kebugaran .

Adapun efek samping yang dimaksud pertama adalah menyebabkan dermis kering. Ada beberapa minyak alami pada epidermis yang mana menjaga kelembapan kulit. “Air panas mampu membersihkannya secara menyeluruh, sehingga bisa saja terjadi kekeringan,” kata Mahyar.

Mandi air panas juga dapat menyebabkan dermis kemerahan lalu iritasi. “Air yang terlalu panas dapat melebarkan pembuluh darah di area bawah dermis sehingga menyebabkan kemerahan lalu iritasi,” jelasnya.

Masalah lainnya adalah muncul pada rambut. Di mana air yang mana terlalu panas juga dapat menyebabkan kehancuran rambut. Selain itu, kebiasaan mandi air panas akan menyebabkan tekanan darah turun.

“Jika Anda mandi air panas terlalu lama, hal itu dapat menurunkan tekanan darah dan juga menyebabkan Anda pingsan,” ujarnya.

Terakhir, Mahyar mengungkapkan mandi air terlalu panas dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, mengenai suhu terbaik untuk mandi, dokter dermis New York Robert Anolik menyatakan air harus suam-suam kuku, yakni antara 36 derajat celsius juga 40 derajat celsius.

“Pelindung dermis terdiri dari protein lalu minyak epidermis yang menghindari air menguap meninggalkan dari kulit, melindunginya dari dunia luar. Hal ini adalah salah satu garis pertahanan pertama kita melawan infeksi serta polusi,” ungkap Robert.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  Dialami Aktris Drakor Cha Chung Hwa, Begini Risiko Kehamilan pada Atas Usia 40 Tahun

Related Articles

Back to top button