Nasional

Wapres Sebut 4 Menteri Harus Hadiri Panggilan MK: Kewajiban Konstitusional

Satelitemx.net – JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin merespons Mahkamah Konstitusi (MK) yang digunakan akan memanggil empat menteri Kabinet Indonesia Maju ke sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. Wapres pun menegaskan para menteri harus hadir oleh sebab itu kewajiban dari konstitusi.

Empat menteri yang mana akan dipanggil oleh MK adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, lalu Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Pertama, saya kira kan MK ya memerlukan penjelasan, siapa pun tentu harus hadir ya, harus, juga saya kira itu kewajiban konstitusional,” ujar Wapres di area sela hadir di acara di tempat Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten, Selasa (2/4/2024).

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan bahwa pemanggilan empat menteri ini sebab MK ingin memperoleh penjelasan lebih besar rinci mengenai keputusan-keputusan dalam di kabinet apakah sudah ada berdasarkan akuntabilitas lalu profesional.

“Dan saya melihatnya mungkin saja pihak MK ingin memperoleh penjelasan yang mana lebih lanjut rinci, tambahan detail, tambahan luas sehingga ketika beliau memutuskan itu benar-benar beliau telah tahu persis, sudah ada bersifat ya artinya didasarkan akuntabilitas juga profesional pasca ia mendengarkan,” tutur Wapres.

Wapres mengungkapkan bahwa nantinya akan ada fakta-fakta di dalam persidangan yang tersebut muncul sehingga akan menimbulkan lebih tinggi jelas mengenai apa-apa yang dipermasalahkan selama ini oleh pihak yang digunakan berperkara dalam MK.

“Jadi memang benar kemungkinan besar MK memerlukan penjelasan lebih lanjut berbagai ya sehingga sebab muncul kan dalam sidang MK itu, saya kira bagi kita saya kira ndak ada kesulitan sebab itu kan penjelasan,” jelasnya.

Baca Juga:  Hapus Tanggal Kedaluwarsa, ASDP: Penumpang Tak Perlu Khawatir Tiket Kapal Hangus

“Tapi masalahnya seperti apa nanti kan nanti ada sidang MK yang mana akan memutuskan seperti apa, apa ada ini, apa ada itu. Itu nantilah pasca para menteri juga dimintai penjelasannya tentu akan semakin jelas nanti keadaannya,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button