Nasional

Vonis Sekretaris MA Hasbi Hasan Separuh dari Tuntutan, KPK Pikir-pikir

Satelitemx.net – JAKARTA – Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) PN Ibukota Indonesia Pusat Toni Irfan menjatuhkan vonis 6 tahun penjara terhadap Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan pada perkara suap serta gratifikasi pengurusan perkara di tempat lingkungan MA. Jaksa KPK memutuskan untuk pikir-pikir berhadapan dengan vonis yang dimaksud hampir separuh dari tuntutan tersebut.

“Atas putusan perkara ini, kelompok jaksa menyatakan pikir-pikir selama 7 hari ke depan sambil menanti diserahkannya salinan putusan lengkap perkara dimaksud. Perkembangan akan disampaikan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri untuk wartawan, Rabu (3/4/2024).

Ali menuturkan perbuatan Hasbi yang mana menerima suap terkait pengurusan perkara di area MA sudah pernah terbukti pada persidangan. Dia mengungkapkan pertimbangan hakim di memberikan putusan akan dijadikan data tambahan pada pengungkapan dugaan TPPU Hasbi.

“Seluruh rangkaian fakta hukum melalui alat bukti yang digunakan disajikan serta diungkap kelompok jaksa selama persidangan sudah mampu memberikan keyakinan pada majelis hakim sehingga perbuatan penerimaan suap yang tersebut dijalankan terdakwa ini dinyatakan terbukti dan juga diputus bersalah,” ujar dia.

“Melalui isi pertimbangan putusan majelis hakim tersebut, KPK segera akan menganalisisnya untuk dijadikan sebagai informasi lalu data tambahan di mengungkap dugaan TPPU yang dimaksud pernyidikannya ketika ini terus berlangsung,” sambungnya.

Diketahui, putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor DKI Jakarta untuk Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan terpencil dibandingkan tuntutan jaksa KPK. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim hampir separuh dari tuntutan jaksa yakni 13 tahun penjara.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri DKI Jakarta Pusat menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun terhadap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif Hasbi Hasan.

Baca Juga:  Jubir Prabowo Bahas Tantrum Politik, Malah Disentil perihal Gebrak Meja hingga Etika

Majelis Hakim PN Tipikor Ibukota Pusat menyatakan Hasbi Hasan terbukti secara sah dan juga meyakinkan bersalah melakukan aksi pidana korupsi terkait penanganan perkara di area Mahkamah Agung (MA).

Related Articles

Back to top button