Bisnis

Veda Ega Pratama Cetak Rekor Peraih Poin serta Kemenangan IATC Terbanyak Sejak Kejuaraan Pentas Perdana pada 2015

SateliteMX.net – Bukan main prestasi Veda Ega Pratama, pembalap Astra Honda Racing Team sekaligus binaan PT Astra Honda Motor. Rider usia 15 tahun selama Gunungkidul, Yogyakarta ini membukukan sejarah sebagai pencetak rekor koleksi poin terbanyak selama pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) sejak digelar perdana pada 2015.

Dikutip dari rilis resmi PT Astra Honda Motor sebagaimana diterima Suara.com, turun berlaga sekira dua tahun silam, untuk musim 2023 Veda Ega Pratama membukukan sembilan kemenangan, yang digunakan menjadi kemenangan terbanyak dalam gelaran balap talenta Asia ini. Yaitu aksi sapu bersih juara pertama dalam dua race pada satu seri balapan, diraihnya dua kali. Masing-masing pada Sirkuit Motegi, Jepang, Sirkuit Mandalika, Indonesia, serta Losail, Qatar. Kemudian sekali naik podium pertama dalam satu seri, masing-masing dalam Sirkuit Sepang, Malaysia, serta Buriram, Thailand.    

Veda Ega Pratama (tengah), diapit dua rider Jepang. Veda sukses Juara Race 1 kemudian Race 2 IATC 2023 Losail, Qatar [PT AHM]
Veda Ega Pratama (tengah), diapit dua rider Jepang. Veda sukses Juara Race 1 lalu Race 2 IATC 2023 Losail, Qatar [PT AHM]

“Terima kasih atas dukungan serta doa atas perjuangan yang dimaksud dikerjakan para rider kami di tempat ajang Asia talent Cup. Melalui semangat Satu Hati, kami yakin pencapaian bersejarah yang diraih oleh Veda menjadi motivasi besar bagi kami untuk terus membina pembalap-pembalap muda potensial Tanah Air dalam meraih mimpi bersaing di tempat ajang balap tertinggi,” ujar Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM).

Ia menambahkan pencapaian sejarah Veda Ega Pratama adalah buah atas konsistensi pembinaan serta kerja keras pebalap. Semoga pencapaian ini dapat menjadi inspirasi positif bagi Indonesia serta khususnya dunia balap Tanah Air.

Dalam laga pemungkas tahun ini, di dalam Losail International Circuit, Qatar yang digunakan berlangsung pekan lalu (18-19/11/2023), Veda Ega Pratama menempati pole position atau posisi pertama berdasarkan hasil kualifikasi Sabtu (18/11/2023). Terjadi kepungan para rider negara lain, overtake yang tak terhindarkan, hingga insiden jatuhnya pembalap grup depan di area tikungan terakhir mewarnai jalannya balapan. Namun ia mampu memanfaatkan situasi pelik di area akhir balapan dengan baik bersama andalan Honda NSF250R juga menempati posisi juara pertama.

Baca Juga:  Pengesahan RUU Pekerja Rumah Tangga Jadi Keutamaan Mahfud Jika Terpilih Jadi Cawapres
Veda Ega Pratama in action [PT AHM]
Veda Ega Pratama in action [PT AHM]

Balapan hari kedua, Minggu (19/11/2023) juga bukan kalah menantang, dikarenakan rivalnya terus memberikan tekanan yang digunakan memproduksi ia mesti fokus tanpa menimbulkan celah kesalahan. Ia pun juara di tempat Race 2.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih kemenangan pada dua race seri pamungkas IATC. Balapan yang sulit lantaran para pebalap pada group depan terus berusaha mengambil posisi terdepan. Tapi saya mampu menjaga ketenangan hingga akhirnya finish pertama,” kata rider yang akan berulangtahun ke-15 pada 23 November ini.

“Kemenangan ini saya persembahkan bagi bangsa Indonesia untuk menyembunyikan IATC 2023. Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor untuk supportnya kepada saya dalam dua tahun keikutsertaan saya di dalam IATC, kedua orangtua, kemudian tentunya seluruh publik Indonesia yang mana selalu membantu saya. Semoga saya dapat terus berprestasi untuk Indonesia dalam kancah balap internasional,” lanjutnya.

 Sedangkan rekan balap satu tim AHRT dari Veda Ega Pratama, yaitu Chessy Meilandri mengakhiri balapan pada posisi ke-14 dalam Race 1, serta posisi ke-15 pada Race 2. Result dalam klasemen rider penutup adalah peringkat ke-13 dengan koleksi 41 poin. Sedangkan Reykat Yusuf Fadillah tetap masih dalam proses pemulihan cedera bahu sehingga absen, dan juga berada pada peringkat ke-14 dengan 38 poin. 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button