Olahraga

Timnas Tanah Melayu Dicap Tak Siap Tampilan di tempat Piala Asia 2023 usai Dibantai Yordania

Satelitemx.net – KUALA LUMPUR – Legenda sepak bola Malaysia, Dollah Salleh menganggap Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- belum siap tampil di tempat Piala Asia . Sebab, menurutnya Malaya masih membutuhkan berbagai pengalaman untuk tampil pada kompetisi tertinggi.

Malaysia memulai Piala Asia 2023 dengan performa mengecewakan. Sebab, Harimau Malaya harus menelan kekalahan 0-4 dari Yordania di area Al Janoub Stadium, Selasa (16/1/2024).

Pada putaran pertama, Yordania berhasil mengawasi tiga gol melalui Mahmoud Al-Mardi (12′, 32′) kemudian Musa Al-Taamari (18’P). Kemudian menjauhi akhir fase kedua, Musa Al-Taamari (85′) mencetak gol keduanya untuk Yordania.

Kekalahan dari Yordania menghasilkan Negara Malaysia mendapatkan kritikan dari berbagai pihak, salah satunya Dollah Salleh. Menurutnya kelompok besutan Kim Pang-gon itu belum siap untuk tampil pada Piala Asia dikarenakan tak memiliki berbagai pengalaman untuk tampil menghadapi tim-tim hebat dalam Asia.

“Ini pertama kalinya Harimau Malaya lolos ke Piala Asia (berdasarkan prestasi) selama lebih banyak dari 40 tahun, juga kemungkinan besar kami membutuhkan lebih lanjut sejumlah pengalaman dalam level ini,” kata Dollah Salleh dikutipkan dari New Straits Times, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut, Dollah Salleh menyatakan Yordania bisa saja mendapatkan kemenangan dikarenakan mempunyai pengalaman tampil lebih banyak banyak di area Piala Asia. Meski demikian, ia menilai Negara Malaysia sudah ada tampil mendominasi jalannya pertandingan di dalam fase kedua tetapi tak mampu mendapatkan gol.

“Jordan menggunakan pengalaman merekan untuk mengalahkan kami. Tetapi sisi positifnya, kami menguasai antara 60 kemudian 70 persen permainan dalam sesi kedua. Sayangnya, kami tidaklah mampu mengubah penguasaan bola menjadi gol,” ujarnya.

Sementara pembimbing veteran Malaysia, Irfan Bakti menilai Harimau Malaya tiada memilih lawan dengan level tinggi untuk persiapan Piala Asia 2023. Bahkan, ia merasa kecewa dengan batalnya laga uji coba menghadapi Arab Saudi.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Juara eAsian Cup 2023, Kalahkan Negeri Matahari Terbit pada Final Bersejarah!

“Dari apa yang tersebut saya lihat, kami tiada memainkan cukup berbagai pertandingan melawan tim-tim yang tersebut memiliki peringkat lebih lanjut tinggi untuk mempersiapkan kompetisi. Saya sebenarnya sangat kecewa ketika Arab Saudi memutuskan untuk membatalkan pertandingan persahabatan melawan kami pada 4 Januari,” ucapnya.

Usai menelan kekalahan dari Yordania, Tanah Melayu akan mencoba bangkit dalam pertandingan berikutnya. Mereka akan melawan Bahrain pada laga kedua Grup F Piala Asia 2023 di area Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar pada Hari Sabtu (20/1/2024).

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button