Nasional

Terima Tongkat Komando dari Jokowi, Agus Subiyanto Resmi Menjadi Panglima TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjadi Panglima TNI usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Istana Negara, Rabu (22/11/2021). Dalam kesempatan tersebut, Agus menerima tongkat komando Panglima TNI yang dimaksud diserahkan Jokowi.

Pengangkatan Agus sebagai Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang pemberhentian kemudian pengangkatan Panglima TNI.

Dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan, Jokowi memberhentikan dengan hormat Laksamana Yudo Margono dari jabatannya sebagai panglima TNI.

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan juga jasa-jasa Yudo yang dimaksud sudah disumbangkan kepada bangsa lalu negara RI selama memangku jabatan tersebut.

Kemudian, Jokowi mengangkat Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

“Kedua, mengangkat Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI RI,” ucap Hersan seperti yang mana dikutip melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Keputusan yang berlaku sejak pelantikan dilaksanakan.

KSAD Jenderal Agus Subiyanto yang tersebut digadang-gadang akan diangkat sebagai Panglima TNI. [Antara]
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto [Antara]

Proses pelantikan dilanjutkan dengan pemasangan lambang pangkat yang dimaksud dilaksanakan Jokowi kepada Agus. Selain itu, Jokowi juga menyerahkan tongkat komando Panglima TNI untuk Agus.

Setelah itu, Agus mengucap sumpah jabatan dengan mengulangi apa yang digunakan disampaikan Jokowi.

“Apakah saudara bersedia diambil sumpah jabatan?,” tanya Jokowi.

“Bersedia,” jawab Agus.

Jokowi lantas membimbing Agus untuk membacakan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang tersebut berdasarkan pancasila lalu UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa serta negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya serta dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Jokowi yang dimaksud diikuti Agus.

Baca Juga:  Nama Jokowi Dipakai untuk Masjid pada Abu Dhabi, Seperti Apa Bentuknya?

Usai mengucap sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara yang mana disaksikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD serta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Proses pelantikan ditutup dengan pelantunan lagu Indonesia Raya sekaligus pemberian ucapan selamat dari Jokowi kepada Agus.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button