Bisnis

Tarif Tol Jakarta-Semarang Diskon 20% Selama Periode Lebaran 2024, Simak Jadwalnya

Satelitemx.net – JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan potongan tarif tol sebesar 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Ibukota menuju Semarang lalu sebaliknya pada periode arus mudik dan juga balik Hari Raya Idulfitri 1445H/Lebaran 2024.

Potongan tarif tol 20% ini berlaku untuk tarif jalan tol yang dimaksud dikelola oleh Jasa Marga Group yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan juga Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Potongan tarif tol ini akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik juga dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, pemberlakuan potongan tarif tol untuk semua golongan kendaraan berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan juga menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang digunakan diprediksi menjadi arus puncak mudik lalu balik.

Jasa Marga memprediksi pada puncak arus mudik pada H-4 atau pada Sabtu, 6 April 2024, terdapat 259 ribu kendaraan meninggalkan DKI Jakarta atau meningkat 0,03% terhadap Lebaran 2023 juga meningkat 66,8% terhadap Normal.

Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik yaitu pada H+4 atau pada Senin, 15 April 2024, terdapat 300 ribu kendaraan kembali ke Ibukota atau meningkat 13,2% terhadap Lebaran 2023 atau meningkat 131% terhadap Normal.

“Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di area luar waktu yang digunakan diprediksi menjadi puncak arus mudik juga balik yang dimaksud agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujar Lisye pada keterangan resminya, Awal Minggu (1/4/2024).

Baca Juga:  Cara Bayar Belanja di dalam Bukalapak Lewat BRImo, Lancar Belanja Online Tanpa Hambatan!

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol ialah untuk semua golongan kendaraan dan juga cuma untuk kendaraan selama GT Cikampek Utama juga operasi pergi dari dalam GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik yaitu mulai Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 Waktu Indonesia Barat hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara itu untuk arus balik, potongan tarif tol semata-mata untuk kendaraan dengan syarat GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang lalu operasi pergi dari dalam GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Jasa Marga kembali mengimbau pengguna jalan untuk mengatur kembali waktu perjalanan dengan menghindari perjalanan di area waktu yang tersebut diprediksi menjadi puncak arus mudik kemudian arus balik dan juga gunakan pemberlakuan potongan tarif semaksimal mungkin. Hindari perjalanan di tempat waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

Related Articles

Back to top button