Nasional

Sumpah Jenderal Agus Subiyanto Saat Dilantik Jokowi Jadi Panglima TNI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto nenjadi Panglima TNI. Agus menggantikan Laksanama Yudo Margonono.

Pelantikan dijalankan Jokowi di area Istana Negara. Adapun pengangkatan Agus berdasarkan Keputusan Presiden nomor 102-TNI tahun 2023 tentang Pemberhentian dan juga Pengangkatan Panglima TNI.

Kemudian, Agus mengucapkan sumpah yang dibacakan Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tersebut berdasarkan Pancasila kemudian Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan juga negara,” kata Agus, Rabu (22/11/2023).

Agus bersumpah bahwa dirinya akan menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan.

“Bekerja dengan sebaik-baiknya juga penuh dengan rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Agus.

Agus merupakan calon panglima tunggal yang digunakan diajukan namanya oleh Jokowi ke DPR RI.

Sebelum menyetujui, Komisi I DPR RI menjalani uji kelayakan juga kepatutan atau fit and proper test kepada Agus terlebih dahulu.

Tidak menghabiskan waktu lama, dalam hari yang mana sama, Komisi I menyetujui Agus menjadi calon Panglima TNI.

Ketua DPR Puan Maharani (tengah) bersama Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus (kedua kiri), Rachmad Gobel (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (kanan), dan juga Panglima TNI terpilih Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) berfoto bersama usai sidang paripurna dalam Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2023). [ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha].
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) bersama Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus (kedua kiri), Rachmad Gobel (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (kanan), juga Panglima TNI terpilih Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) berfoto bersama usai sidang paripurna pada Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2023). [ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha].

Setelahnya, Agus menghadiri rapat paripurna DPR dengan Agenda pengambilan keputusan perihal dirinya sebagai calon Panglima TNI.

Kemudian, Agus hadir dalam rapat paripurna DPR dengan program pengambilan keputusan perihal Agus sebagai calon Panglima TNI.

Pada kesempatan itu, Agus menjamin akan dilantik Jokowi di area Istana Negara.

“InsyaAllah besok jam 10. Insyaallah oleh bapak presiden,” kata Agus pada Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Sebelumnya, hal senada disampaikan terlebih dulu oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers perihal Agus.

Baca Juga:  Sri Mulyani Siap Mundur, Menteri Sektor Bisnis Jokowi yang dimaksud Paling Punya Kredibilitas

Puan menegaskan setelah DPR menyetujui pemberhentian Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga penggantian ke Jenderal Agus Subiyanto, artinya tinggal menunggu pelantikan dari Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah pada hari ini, DPR RI sudah kemudian memberikan persetujuan atas pemberhentian lalu pergantian panglima TNI yang dimaksud akan datang, atas nama jenderal TNI Agus Subiyanto yang dimaksud insyaallah akan dilantik pada esok hari. Di mana serta jam berapa, silakan tanyakan kepada presiden,” kata Puan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button