Bisnis

Sri Mulyani Buka Suara persoalan Jokowi Makin Gencar Beri Bansos di dalam Masa Kampanye

Satelitemx.net – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakses ucapan tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tersebut akhir-akhir ini tampak rajin untuk membagikan bansos ke sebagian penduduk disetiap tempat yang digunakan ia kunjungi.

Asal tahu hanya anggaran bansos pada tahun 2024 mengalami kenaikan sekitar Rp20 triliun menjadi Rp496 triliun dari Rp476 triliun pada 2023. Kenaikan anggaran bansos ini pun menjadi polemik sebab terjadi dalam tahun urusan politik lalu disalurkan pada masa kampanye.

Sri Mulyani menuturkan bahwa bansos adalah salah satu instrumen di tempat di APBN, dimana ada di Undang-Undang (UU) juga dibahas oleh seluruh partai urusan politik serta fraksi di tempat Senayan DPR RI sehingga menjadi sebuah instrumen negara bersama.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan bansos pada waktu meninjau Pasar Tanah Abang, Ibukota Pusat, Hari Senin (2/1/2023). [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat PresidenTindakan]
Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan bansos ketika meninjau Pasar Tanah Abang, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Senin (2/1/2023). [Foto: Rusman – Biro Pers Sekretariat PresidenTindakan]

“Ini untuk menekankan bahwa bansos tahun 2023 nilanya Rp476 triliun, jadi semua partai urusan politik yang tersebut mengeksplorasi hak budgetnya dengan pemerintah silahkan menjelaskan APBN itu sebagai instrumen,” kata Sri Mulyani di konferensi pers Komite Kelancaran Sistem Keuangan yang dimaksud dilihat secara daring melalui kanal Youtube Kemenkeu, Selasa (30/1/2024).

“Untuk tahun ini anggaran bansos di area APBN kita menjadi Rp296 triliun jadi beda sekitar Rp20 triliun, tentunya perkembangannya kita monitor kedepannya. Tapi point saya hitungan Rp476 atau Rp496 ada pada di UU APBN dibawa oleh pemerintah kemudian dibahas oleh DPR,” tambahnya.

Jadi menurut Sri Mulyani jikalau pemerintah menggunakan anggaran APBN itu berarti penggunaanya sudah ada disetujui oleh DPR yang dimaksud dibahas secara bersama-sama.

Asal tahu sekadar Presiden Jokowi makin gencar membagikan bansos. ejak akhir 2023, baik berbentuk bantuan secara langsung tunai (BLT), seperti materi pangan maupun uang tunai.

Terbaru, Jokowi bahkan melanjutkan BLT Rp200 ribu per bulan untuk Februari, Maret, April. BLT yang disebutkan akan diberikan mulai Februari 2024, kemudian dibayar total Rp600 ribu.

Baca Juga:  Jelang Pencoblosan Jokowi Kasih BLT Rp600 Ribu Sekaligus, Sri Mulyani Jawab Begini

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button