Otomotif

Spesifikasi Guardian, Kendaraan Lapis Baja negara Ukraina yang dimaksud Bisa Berlari Kencang

Satelitemx.net – JAKARTA – Militer negara Ukraina mendapat suntikan darah segar dari Amerika Serikat, yaitu bantuan banyak kendaraan lapis baja Guardian atau M1117 untuk menguatkan pertahanannya melawan Rusia.

Dari 250 unit kendaraan lapis baja Guardian atau M1117, beberapa di area antaranya sudah ada mulai terlihat di tempat medan perang. Hal ini sesuai janji Washington untuk mengirim kendaraan ini ke Kyiv pada November 2022.

Saat itu, Negeri Paman Sam mengumumkan paket bantuan militer senilai USD400 juta, termasuk pengiriman 250 kendaraan M1117 yang dimaksud diperbarui.

Spesifikasi Guardian atau M1117

Guardian atau M1117 adalah kendaraan tempur lapis baja yang tersebut diproduksi oleh Textron Marine & Land Systems. Kendaraan 4×4 ini melindungi kru dari tembakan senjata ringan, pecahan peluru artileri, serta ranjau. Menurut Service Army Recognition, Guardian menyediakan proteksi balistik yang mana tambahan besar daripada kendaraan lain seukurannya dalam dunia.

Kekuatan utama Guardian atau M1117 terletak pada keserbagunaannya, kemampuan manuver yang dimaksud luar biasa, kemudian mencapai kecepatan tinggi. Fitur-fitur ini menjadikannya aset pendukung vital bagi tentara negara Ukraina yang dimaksud beroperasi pada kondisi menantang.

Guardian sudah membuktikan diri pada zona konflik, setelahnya dikerahkan oleh Amerika Serikat dalam Irak selama konflik di dalam Irak kemudian Afghanistan.

Dari sisi persenjataan, Guardian memiliki peluncur granat otomatis Mk 19 40 mm dan juga senapan mesin M2 12,7 mm, yang dimaksud memungkinkan kru untuk bertahan kemudian menangkis serangan secara efektif. Di jalan beraspal, kendaraan ini dapat mencapai kecepatan hingga 62 mph (99,8 Km), melintasi air dangkal, kemudian dengan mudah menyeberangi rintangan kecil.

Dengan jangkauan melebihi 435 mil, Guardian hadir di beberapa versi, masing-masing disesuaikan dengan keinginan serta peralatan tertentu. Biasanya, ia dapat mengangkut 2 orang kru bersatu dengan 8 prajurit. Selain itu, kendaraan ini dirancang untuk transportasi udara oleh pesawat C-130 atau C-17, yang mana mampu menampung enam unit Guardian atau M1117.

Baca Juga:  KYMCO umumkan tiga terobosan teknologi motor listrik di area EICMA 2023

Related Articles

Back to top button