Teknologi

Simpan Data pada Cloud vs HDD Eksternal, Mana Lebih Baik?

SateliteMX.net – Perkembangan teknologi saat ini makin mempermudah cara menyimpan data atau file. Jika dulu orang-orang menyimpan data lewat perangkat keras seperti flash disk atau Hard Disk Drive atau HDD eksternal, sekarang ini dia bisa jadi mencadangkan data via cloud atau komputasi awan.

Keduanya sama-sama miliki keunggulan lalu kelebihan masing-masing. Namun lebih tinggi baik mana penyimpanan data di area Hardisk eksternal dengan cloud?

Hal ini dijawab oleh Clara Hsu selaku Regional Manager Synology Indonesia. Ia menjelaskan fungsi pihak-pihak mana yang mana menggunakan dua komoditas penyimpanan tersebut.

Menurutnya, hard disk eksternal kebanyakan dipakai oleh kantor baru atau perusahaan skala kecil. Sementara cloud cenderung digunakan oleh perusahaan yang mana lebih besar besar.

“Kantor baru atau skala kecil cenderung menyimpan data di dalam HDD eksternal. Kalau yang mana lebih tinggi besar, biasanya cloud publik,” ucap dia dalam konferensi pers di dalam Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Clara melanjutkan, kekurangan HDD eksternal adalah sulit dikelola. Sebab file pada barang itu kurang fleksibel untuk akses jarak jauh.

Regional Manager Synology Indonesia, Clara Hsu saat konferensi pers pada Jakarta, Selasa (21/11/2023). [Suara.com/Dicky Prastya]
Regional Manager Synology Indonesia, Clara Hsu saat konferensi pers pada Jakarta, Selasa (21/11/2023). [Suara.com/Dicky Prastya]

Sementara kekurangan cloud adalah pengguna mesti berlangganan terus menerus. Wewenang penyimpanan data dalam komputasi awan itu juga dipegang oleh penyedia, misal Google Drive atau Microsoft Cloud.

“Kalau claud public, itu dia perlu biaya langganan terus menerus. Kontrol data juga ada pada provider,” sambung dia.

Ia memaparkan, di area era perubahan struktural digital, tantangan IT dan juga kebutuhan bidang usaha terus berkembang pada Indonesia, termasuk pengelolaan volume data yang mana besar, kebutuhan akan akses yang cepat serta aman, serta kolaborasi lalu backup data yang efisien.

Lebih lagi tingginya ancaman keamanan siber lalu kebutuhan untuk mematuhi regulasi yang tersebut ketat juga menjadi fokus utama bagi perusahaan-perusahaan lokal.

Baca Juga:  Huawei Cloud dipilih sebagai provider FMC Big Data PlatformTelkomsel

“Kami menyadari bahwa kegiatan bisnis pada Indonesia tidak ada cuma memerlukan penyimpanan data yang dimaksud aman lalu dapat diandalkan, tetapi juga solusi yang digunakan dapat mengatasi berbagai tantangan IT di area berbagai sektor bisnis,” beber Clara.

Ia mengklaim kalau tantangan itu bisa saja diatasi dengan produk-produk Synology yang tersebut menyediakan serangkaian solusi yang tersebut komprehensif. Perusahaan Network Attached Storage (NAS) serta manajemen data miliki beragam pilihan penyimpanan serta dapat diskalakan untuk memenuhi kebutuhan usaha dari berbagai skala.

“Sebagai contoh, aplikasi penyimpanan terpusat kami, Synology Drive untuk akses data jarak jarak jauh yang aman lalu efisien, serta Synology Office untuk memenuhi kebutuhan produktivitas bisnis,” kata Clara.

“Selain itu, teknologi keamanan yang mana diberikan oleh Synology, mulai dari manajemen akses sistem hingga perlindungan data, solusi backup juga pemulihan instan, dapat memberikan lapisan perlindungan terhadap serangan ransomware, menjaga data penting industri tetap aman,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button