Bisnis

Segini Jumlah Armada Transportasi yang mana Disiapkan untuk Libur Nataru

SateliteMX.net – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah dilakukan menyiapkan sarana kemudian prasarana transportasi pada masa libur natal kemudian tahun baru (nataru). Diprediksi, 107,63 jt orang akan melakukan perjalanan pada musim libur nataru tahun ini.

“Kami menjamin sarana lalu prasarana transportasi baik moda darat, laut, udara serta kereta api, telah lama siap melayani lonjakan pergerakan penduduk dengan selamat, aman dan juga lancar,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tercatat yang mana dikutip, Rabu (22/11/2023).

Untuk transportasi jalan, sudah pernah disiapkan sebanyak 46.686 unit bus (AKAP, AKDP dan juga Pariwisata) serta 113 terminal. Kemudian untuk transportasi penyeberangan, disiapkan sebanyak 206 unit kapal, 11 Lintas Pelabuhan Penyeberangan, 41 dermaga moveable bridge, 3 dermaga ponton, serta 16 dermaga plengsengan.

Selanjutnya, untuk transportasi laut, disiapkan sebanyak 1.345 unit kapal kemudian 110 Pelabuhan Laut. Untuk transportasi udara, disiapkan sebanyak 444 unit pesawat dan juga 51 Bandar Udara. Lalu untuk transportasi kereta api, disiapkan sebanyak 1.738 unit kereta api serta prasarana 9 Daops kemudian 4 Divre.

Menhub mengungkapkan, titik krusial penanganan arus pergerakan publik salah satunya berada pada Jalur Trans Jawa. Ia menyebut, segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik, seperti misalnya, manajemen rekayasa lalu lintas baik dalam jalan tol maupun non tol, pengendalian pasar tumpah, optimalisasi rest area di tempat jalan tol kemudian jembatan timbang sebagai tempat istirahat, lalu lain sebagainya.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, pergerakan penduduk pada masa libur Nataru lebih tinggi tersebar waktunya dibandingkan dengan masa libur Lebaran Idul Fitri, sehingga diharapkan pergerakannya akan tambahan terkendali.

“Namun kami tetap mengimbau penduduk agar merencanakan perjalanannya dengan baik lalu menghindari waktu-waktu puncak arus mudik lalu balik untuk menghindari kepadatan,” imbuh dia.

Baca Juga:  Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 Jadi Cara BRI Dorong Perekonomian Kerakyatan

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub tentang kemungkinan pergerakan warga dalam masa libur Nataru, jalur yang mana diprediksi paling banyak dilalui kendaraan mobil adalah Tol Trans Jawa (31,66%), Tol Cipularang (19,12%), dan juga Tol Jagorawi (15%). Sedangkan jalur yang tersebut paling banyak dilalui sepeda motor adalah jalur alternatif lainnya (35,41%) dan juga Jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur) sebesar 34,72%.

Sementara itu, untuk puncak arus mudik diprediksikan terjadi dua periode yaitu puncak arus Natal dan juga puncak arus Tahun Baru. Untuk puncak arus mudik natal diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023 lalu puncak arus balik natal terjadi pada 26-27 Desember 2023. Sedangkan puncak arus mudik tahun baru terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan juga puncak arus balik tahun baru terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Kemenhub juga akan memproduksi Posko Angkutan Natal 2023 dan juga Tahun baru 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2023.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button