Nasional

Satu Meninggal, Kini Hanya Ada 5 Tuhan yang Ikut pemilihan 2024

Satelitemx.net –  Jumlah pemilih dengan nama unik yang mana memuat kata Tuhan berkurang satu pada pemilihan 2024 dalam Daerah Jember, Jawa Timur.

Pada pilpres 2019 lalu, jumlah total nama Tuhan yang tersebut masuk di daftar pilpres tetap memperlihatkan (DPT) berjumlah enam orang. Namun pada pemilihan raya 2024, jumlah agregat nama Tuhan yang dimaksud masuk pada DPT hanya saja lima orang.

Komisioner KPU Wilayah Jember Ahmad Hanafi mengungkapkan bahwa satu dari enam orang yang dimaksud telah lama meninggal dunia.

“Jumlah pemilih bernama Tuhan berkurang satu dibandingkan pada pemilihan raya 2019 akibat satu orang di area antaranya telah meninggal dunia,” katan Hanafi pada Kantor KPU Jember, seperti dikutipkan dari Antara, Selasa.

Hanafi memverifikasi bahwa nama unik yang menyertakan kata Tuhan memang benar sudah ada ada sejak lama juga tidak hasil rekayasa. Pada pemilu-pemilu sebelum tahun 2019 pun nama Tuhan sudah pernah terdaftar di DPT.

Hanafi berharap kelima orang bernama Tuhan yang dimaksud mengambil bagian mencoblos pada Pemilihan Umum tahun ini.

“Mudah-mudahan kelima Tuhan itu menyalurkan hak pilihnya di tempat masing-masing TPS, sehingga bilangan bulat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2024 di tempat Jember dapat meningkat,” ungkapnya.

Hanafi mengungkapkan bahwa lima pemilih bernama Tuhan yang disebutkan masing-masing berada di tempat Desa Tutul – Kecamatan Balung, Desa Pringgowirawan kemudian Desa Karangbayat pada Kecamatan Sumberbaru, Kelurahan Slawu di area Kecamatan Patrang, dan juga Desa Kemuninglor pada Kecamatan Arjasa.

Lebih lanjut, dirinya merincikan bahwa nama Tuhan pada Desa Tutul masuk sebagai pemilih dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) 22, kemudian Tuhan di area Desa Pringgowirawan pada TPS 19, Tuhan pada Desa Karangbayat pada TPS 12, Tuhan di tempat Kelurahan Slawu masuk TPS 12, lalu pemilih Tuhan di tempat Desa Kemuninglor terdaftar pada TPS 13.

Baca Juga:  Gerakan Nasional BBI-BBWI Sukses Ajak UKM Naik Kelas melalui Harvesting Day

Related Articles

Back to top button