Bisnis

Sambangi Istana, Mahfud MD Tanggapi Rumor Sri Mulyani Mundur

Satelitemx.net – JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menanggapi perihal kabar mundurnya Sri Mulyani dari jabatan Menteri Keuangan. Hal yang disebutkan menanggapi pernyataan Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri memohonkan beberapa jumlah menteri Presiden Jokowi untuk mundur termasuk Sri Mulyani.

“Gak tau saya. Saya gak tau. Gak pernah bicara begitu dengan Bu Sri Mulyani,” kata Mahfud di tempat Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Diketahui, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri meminta-minta sebagian menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari kabinet, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani lalu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dikutip dari beberapa media pada diskusi Hari Sabtu lalu, ajakan mundur dari Faisal ini imbas dukungan Presiden Jokowi terhadap Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka di kontestasi pemilihan raya 2024.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, kemudian beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) telah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing,” klaim Faisal pada Political Economic Outlook 2024 di area Tebet, Jakarta.

“Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan peluang ini segera insyaallah jadi pemicu yang dimaksud dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Area Ekonomi, Keuangan, juga Industri Ginandjar Kartasasmita) juga 13 menteri lainnya mundur di area zaman Pak Harto (Presiden Soeharto),” sambungnya.

Beberapa waktu lalu, Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo sendiri telah mengkritik kabar pengunduran diri Sri Mulyani. Di dunia maya isu kegagalan Sri Mulyani disebut lantaran sang Bendahara Negara kecewa dengan pemerintahan pada waktu ini.

Baca Juga:  Indonesia targetkan pengurangan emisi 358 jt ton CO2 pada 2030

“Klarifikasi: Tidak ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor beredar. Sampai pada waktu ini Ibu Sri Mulyani masih menjalankan tugas menjaga keuangan negara dg penuh tanggung jawab,” tegas Prastowo di dalam akun X @prastow, Hari Jumat (5/1).

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button