Teknologi

Ruwiki, Wikipedia Versi Rusia Resmi Diluncurkan

Satelitemx.net – JAKARTA – Rusia dilaporkan telah dilakukan meluncurkan Ruwiki, situs Wikipedia buatan sendiri pada pekan ini. Uji coba beta, pengujian situs dengan audiens terbatas, telah dilakukan dimulai sejak medio 2023. Kabar terbaru, telah ada tambahan berbagai artikel pada Ruwiki daripada segmen berbahasa Rusia pada Wikipedia.

Dilansir dari Arabnews, Rabu (17/1/2024), meskipun telah miliki Ruwiki, Rusia menyatakan belum berencana memblokir Wikipedia .

Platform ini menjadi salah satu sumber informasi independen yang digunakan masih bertahan di tempat Rusia sejak penindakan konten online meningkat pasca invasi Wilayah Moskow ke negeri Ukraina pada Februari 2022. Namun, pengadilan Rusia memberikan rangkaian denda untuk ensiklopedia online yang dimaksud tentang konten-konten terkait Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Presiden Rusia memberikan persetujuannya untuk jaringan alternatif baru pengganti Wikipedia pada Mei 2022.

Surat kabar Izvestia melaporkan pekan lalu, dengan mengutip layanan pers Ruwiki, bahwa artikel yang mana paling berbagai dibaca selama fase uji coba beta termasuk daftar kematian tahun 2023, eskalasi konflik Arab-Israel, operasi militer Rusia di tempat Ukraina, serta film-film dengan pendapatan tertinggi di dalam Rusia.

Pengguna rata-rata akan menghabiskan lebih besar dari enam menit pada situs yang disebutkan kemudian kedalaman pandangan rata-rata mencapai lebih banyak dari lima halaman pada fase uji coba.

Harian Kommersant mengungkapkan para pendiri Ruwiki tak akan mengungkapkan seberapa besar biaya proyek ini atau nama-nama penanam modal situs tersebut.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  Akun Instagram Fuji Digeruduk ARMY: Oh Ini adalah Artis yang digunakan Lebih Terkenal dari Jungkook BTS

Related Articles

Back to top button