Bisnis

Rupiah Babak Belur, Bos BI Segera Beri ‘Obat Kuat’

Satelitemx.net – Angka tukar rupiah pada waktu terakhir mengalami tekanan yang mana cukup hebat, mata uang garuda bahkan makin mendekati Rp16.000 per dolar AS.

Menanggapi hal ini Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berjanji akan memberikan obat kuat bagi rupiah pada tahun ini. Dirinya pun meyakini rupiah akan kembali bergerak menguat.

“Ke depan kami meyakini bahwa nilai tukar akan tetap saja stabil, bahkan akan ada kecenderungan menguat khususnya di dalam paruh kedua 2024,” kata Perry pada konferensi pers Komite Ketahanan Sistem Keuangan yang tersebut dilihat secara daring melalui kanal Youtube Kemenkeu, Selasa (30/1/2024).

Salah satu obat kuat yang digunakan bisa jadi diandalkan adalah meredanya ketidakpastian keuangan global.

“Kecenderungan berkurang yield obligasi negara-negara forward termausk US Tresury serta menurunnya tekanan penguatan dolar AS,” jelas dia.

Pada hari ini Selasa (30/1/2024) nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dalam pangsa spot dibuka stagnan. Rupiah dibuka tak berubah di area bilangan bulat Rupiah 15.810 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi DKI Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di area nomor Mata Uang Rupiah 15.825 per dolar AS.

(Sumber: Suara.com)

Baca Juga:  Modal Eksternal Rp3,01 Ribu Miliar Kabur dari Indonesia pada Dua Hari

Related Articles

Back to top button