Nasional

Respons PBNU berhadapan dengan Wacana Pilpres Sekali Putaran, Gus Ipul: Puasa Ramadhan Bisa Dilaksanakan Lebih Khusyu

Satelitemx.net – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf merespons wacana Pilpres 2024 berlangsung satu putaran saja. Menurutnya tiada ada yang digunakan salah mengenai wacana Pilpres semata-mata satu putaran.

Pria yang mana akrab disapa Gus Ipul itu, menuturkan jikalau Pilpres 2024 memang sebenarnya terjadi satu putaran maka akan tambahan baik. Sehingga penyelenggaraan ibadah puasa pada waktu ramadhan nanti bisa jadi lebih tinggi khusyu.

“Kita bisa saja hemat anggaran. Pas puasa nanti kita mampu melaksanakan ibadah dengan khusuk. Tidak disibukkan dengan kampanye juga hiruk-pikuk lainnya,” kata Gus Ipul terhadap awak media pada Yogyakarta, Rabu (31/1/2024) pagi.

Gus Ipul menilai wacana pilpres satu putaran mampu semata terwujud. Hal itu dengan mengamati beberapa hasil lembaga survei terbaru salah satunya LSI Denny JA. 

Sehingga kemungkinan besar wacana sekali putaran itu dapat terwujud. Terlebih ada salah satu paslon, yang dimaksud menurut hasil survei itu, prosentasenya telah lama mencapai 50 persen lebih.

Selain merespons wacana sekali putaran, Gus Ipul memohonkan untuk warga nahdliyin untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 nanti. 

Sebelumnya diberitakan, LSI Denny JA melakukan survei terhadap masyarakat pendukung tiga paslon capres-cawapres yang dimaksud menginginkan antara Pilpres 2024 satu putaran atau tidak. Hasilnya 84% rakyat ingin satu putaran.

“Di melawan 80 % umum ingin pilpres terjadi di satu putaran,” kata Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby di siaran persnya di tempat YouTube LSI Denny JA, Jakarta, Selasa, (30/1/2024).

Lebih lanjut Adjie mengungkapkan, masyarakat yang mana tidaklah menginginkan pilpres 2024 satu putaran sebanyak 10,8%, lalu yang mana tidak ada jawab 5,2%.

Adjie juga memprediksi paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran jikalau tren kenaikan elektabilitasnya terjaga dan juga konsisten.

Baca Juga:  Targetkan 60% Suara dalam Jawa Timur, Ganjar Pranowo Bakal Lakukan Ini adalah

“Kalau tren kenaikannya minimal konsisten 4-5 persen saja, maka kita bisa jadi memprediksi dengan tren kenaikan terjaga kemudian konsisten, maka memang benar kemungkinan satu putaran sangat terbuka lebar,” ungkap Adjie.

“Karena kita membaca tren kenaikannya ya, sekalipun memang benar nomor 50,7% kalau kita hitung dengan margin of error survei kurang tambahan 2,9%, kalau kita ambil hitungan optimisnya, nomor elektabilitas Prabowo dapat mencapai kurang tambahan 53% nomor optimisnya, pesimisnya 48%,” tambahnya.

Tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik lalu stagnan di tempat survei LSI Denny JA. Pada November awal 2023 mencapai 40,3% dan juga November akhir 2023 42,9%.

Lalu, masuk Desember awal 2023 41,2% juga Desember akhir 2023 43,3%. Kemudian, pada Januari awal 2024 46,6%, lalu Januari akhir 2024 50,7%.

“Kalau asumsi kenaikannya sama, kenaikannya konsisten, maka memang sebenarnya pasangan ini pada 14 Februari sangat besar peluang menang satu putaran,” ucap Adjie.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button