Otomotif

Rem Tangan Mobil untuk Ban Belakang atau Depan? Simak Penerangan Lengkapnya

Satelitemx.net – JAKARTA Rem tangan mobil yang biasanya digunakan ketika mobil berhenti atau parkir ini masih banyak yang tersebut belum mengetahui letak rem tersebut, apakah itu ada pada roda depan atau belakang.


Sistem rem tangan pada mobil ini kebanyakan terpasang dalam roda belakang, meskipun begitu tetap memperlihatkan ada beberapa jenis mobil yang memasang rem tangan di area bagian roda depannya, atau bahkan di dalam kedua bagian roda yakni pada depan juga belakang.

Pada sebagian besar kendaraan, rem tangan dirancang untuk mempengaruhi roda belakang agar tidaklah dapat berputar, sehingga kendaraan masih diam pada waktu di dalam parkir.

Dalam kebanyakan situasi, rem tangan pada roda belakang dianggap lebih tinggi efektif dikarenakan dapat memberikan kontrol yang lebih lanjut baik terhadap kendaraan pada waktu dalam parkir.

Selain itu, konfigurasi ini juga meyakinkan bahwa kendaraan tak bergeser ketika di area parkir, teristimewa pada kemiringan.

Fungsi Rem Tangan

Fungsi utama rem tangan sendiri adalah menjaga mobil untuk tetap saja diam ketika berhenti. Sehingga kebanyakan pengemudi akan menggunakan rem ini ketika parkir atau berhenti dalam jalan menanjak.

Rem tangan juga bisa saja memberikan pengaman tambahan ketika sistem rem utama (rem pedal) mengalami kegagalan.

Sebelum mengemudi, rem tangan seringkali digunakan sebagai cara simpel untuk menguji apakah rem utama berfungsi dengan baik atau tidak.

Karena penerapan rem tangan memungkinkan pengemudi mampu merasakan apakah rem menggigit dengan baik atau tidak, sehingga apabila ada permasalahan yang mana perlu diatasi dapat diketahui.

Itulah penjelasan tentang rem tangan sebenarnya berada dalam roda depan atau belakang. Rem ini sebenarnya tak mempunyai tempat pasti, meskipun kebanyakan mobil menempatkannya pada bagian belakang.

Baca Juga:  Bugar di dalam Jalan Raya Saat Ramadan: Tips Aman Berkendara Motor Saat Puasa

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button