Bisnis

QRIS Bank Lokal RI Kini Tembus Sampai Thailand Hingga Singapura

Satelitemx.net – PT Bank Mega Tbk (MEGA) mengumumkan menjadi salah satu institusi keuangan pertama di tempat Indonesia yang digunakan memiliki QRIS Antarnegara (Cross Border), sehingga pengguna Bank Mega dapat melakukan kegiatan dengan QRIS dengan sangat mudah melalui aplikasi mobile mobile M-Smile pada pada waktu bepergian ke Thailand, Tanah Melayu lalu Singapura.

QRIS Antarnegara merupakan system interkoneksi pembayaran QR pada negara-negara yang digunakan telah lama memiliki kerjasama, sehingga memungkinkan klien untuk melakukan pembayaran di area negara yang dimaksud berbeda.

Nasabah yang dimaksud sedang berlibur di area Thailand, Tanah Melayu dan juga Singapura dapat melakukan kegiatan pembayaran dengan scan kode QR yang tersebut disediakan merchant-merchant di area negara tersebut.

Dengan demikian, pengguna sekarang ini bukan perlu repot lagi menukarkan uang Rupiah ke mata uang negara negara tersebut. Selain praktis, dengan melakukan operasi QRIS Antarnegara pada aplikasi mobile M-Smile, nilai kegiatan yang digunakan dilaksanakan akan secara otomatis dikonversikan kedalam mata uang Rupiah.

“Melalui fasilitas ini, kami berharap dapat memudahkan pelanggan Bank Mega di melakukan kegiatan pembayaran antarnegara menjadi lebih besar cepat, praktis dan juga aman,” jelas Diza Larentie, Wakil Direktur Utama Bank Mega dikutipkan Selasa (19/12/2023).

Berikut beberapa keunggulan QRIS Antarnegara yang telah dapat dijalankan di dalam Thailand, Negara Malaysia kemudian Singapura:

  • Pembayaran dapat dilaksanakan segera tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing, dimana klien belaka melakukan scan dari M-Smile dengan sumber dana tabungan Rupiah. Transaksi yang disebutkan akan secara langsung dikonversi otomatis ke mata uang Rupiah secara real time.
  • Praktis, oleh sebab itu tak perlu menggunakan fisik kartu tetapi belaka cukup menggunakan ponsel.
  • Transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih banyak aman, akibat tidak ada perlu menghadirkan beberapa jumlah uang tunai.
  • Pembayaram dengan QRIS tambahan higienis oleh sebab itu pembayaran dilaksanakan sendiri oleh pelanggan dengan melakukan scan pada ponsel nasabah.
Baca Juga:  Daop Madiun sebut ada lima KA tambahan untuk Natal serta Tahun Baru

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan QRIS Antarnegara, adalah meyakinkan bahwa merchant-merchant di area negara yang disebutkan memiliki logo dari lembaga yang digunakan pada waktu ini menjadi mitra pelaksana sebagai berikut:

  • Thailand: terdapat logo QR yang dimaksud diterbitkan oleh BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) serta Siam Commercial Bank (SCB).
  • Malaysia: terdapat logo QR yang digunakan diterbitkan oleh DuitNow atau logo QR yang mana berasal dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBan Negara Malaysia Berhad, , Maybank Berhad, Finexus kemudian Hong Leong Bank Berhad.
  • Singapura: terdapat logo NETS dan/atau SGQR.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button