Bisnis

PT Pertamina Lubricants kemudian PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Kerja Sama Kembangkan Pelumas Industri

SateliteMX.net – Pertamina, perusahaan nasional yang dimaksud bergerak antara lain di dalam sektor otomotif dengan menghadirkan berbagai macam substansi bakar kemudian pelumas untuk kendaraan bermotor, lewat PT Pertamina Lubricants (PTPL) menjalin kerja serupa dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Dikutip dari rilis resmi Pertamina Lubricants sebagaimana diterima Suara.com, kedua belah pihak menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Pengembangan Pelumas Industri. Tujuannya menciptakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pelumas di dalam seluruh kegiatan operasional SIG Group.

Keseruan nonton  dalam Sirkuit Mandalika [PT Pertamina Lubricants].
Keseruan nonton pada Sirkuit Mandalika, sebagai ilustrasi produk-produk Pertamina di tempat sektor otomotif [PT Pertamina Lubricants].

Penandatangan Nota Kesepahaman dilaksanakan Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi kemudian Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari pada Jumat (17/11/2023).

Kolaborasi ini merupakan bentuk penguatan sinergi BUMN yang tersebut akan membuka prospek berbagai bentuk kerja mirip lanjutan. Antara lain riset bersama dan juga joint product development pelumas serta gemuk (grease) untuk kebutuhan operasional SIG Group, juga pengujian komprehensif di area infrastruktur Lubricants Technology Center (LTC) milik PTPL. 

Kedua belah pihak juga menjadikan kolaborasi ini sebagai wadah knowledge sharing juga transfer data guna mempercepat inovasi barang dari masing-masing perusahaan.

“Kami memahami pentingnya riset agar dapat memformulasikan pelumas sesuai dengan spesifikasi serta kerja mesin, khususnya mesin dengan teknologi terkini. Kami adaptif, agile dan juga cepat dalam merespon kebutuhan konsumen,” jelas Sari Istiani Rachmi, Direktur Sales and Marketing PTPL.

“Penggunaan item dalam negeri merupakan inisiatif strategis yang mana tertuang dalam Sustainability Road Map SIG 2020-2030. Kami menyokong program kemudian kebijakan pemerintah dalam P3DN dan juga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), untuk pertumbuhan perekonomian nasional dengan cara membuka kesempatan seluas-luasnya bagi industri besar dalam negeri kemudian usaha kecil menengah, untuk bergabung serta dalam bagian rantai pasok SIG” tambah Reni Wulandari, Direktur Operasi SIG.

Baca Juga:  Presiden RI Joko Widodo Hadiri Gerakan Tanam Pohon Bersama PT Astra International Tbk, Total Bibit Mencapai 500 Batang

Kerja serupa SIG dengan PTPL menunjukkan komitmen SIG yang kuat untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada seluruh kegiatan operasional sebagai bentuk keberpihakan terhadap industri dalam negeri.

Sekaligus menyukseskan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang digunakan dicanangkan oleh Pemerintah, serta penciptaan biosfer usaha yang mengupayakan pertumbuhan dan juga penguatan perekonomian Indonesia

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button