Olahraga

Profil Philippe Troussier, Pelatih Vietnam yang tersebut Pernah Dipecat Qatar dikarenakan Kalah 1-2 dari Timnas Indonesia

Satelitemx.net – Philippe Troussier menjadi sorotan jelang laga kedua Grup D Piala Asia 2023 , yang digunakan mempertemukan Vietnam versus Timnas Indonesia di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, hari terakhir pekan (19/1/2024). Pasalnya, instruktur berkacamata itu punya pengalaman buruk ketika menghadapi Skuad Garuda.

Troussier merupakan sosok pembimbing yang dimaksud sangat berpengalaman. Dia pernah menangani Timnas Negeri Matahari Terbit juga Qatar.

Selama menangani Jepang, Troussier berhasil mengantarkan Samurai Biru menjadi juara Piala Asia 2000 juga runner up Piala Konfederasi FIFA 2001.

Pada 2003, Troussier ditunjuk sebagai ahli Qatar. Namun perjalanan karier kepelatihannya sama-sama The Maroon hanya sekali berlangsung satu tahun.

Salah satu momen yang mana paling menyakitkan adalah ketika Troussier gagal menyebabkan Qatar menang ketika menghadapi Timnas Indonesia pada laga perdana penyisihan grup Piala Asia 2004. Pada pertandingan itu, Skuad Garuda menekuk Qatar dengan skor 2-1.

Kekalahan menyakitkan itu kelihatannya masih menggelayuti pikiran Troussier jelang menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua Piala Asia 2023. Ada dua hal yang mana pasti menjadi fokusnya pada waktu ini.

Pertama, Troussier membalaskan rasa sakit itu dengan mengalahkan Timnas Indonesia. Kedua, ahli berusia 68 tahun itu bisa jadi semata merasakan hal yang dimaksud identik (dipecat) ketika gagal mengakibatkan Vietnam lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Apalagi beberapa pengamat sepak bola di tempat Vietnam telah memprediksi jikalau The Golden Stars pada bawah komando Troussier kurang bersinar di dalam Piala Asia 2023. Salah satunya datang dari Vu Manh Hai.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  Timnas Vietnam Diterima ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Related Articles

Back to top button