Teknologi

Profil OpenAI, Perusahaan Pemilik ChatGPT yang digunakan Baru Saja Pecat Sam Altman

SateliteMX.net – Mantan CEO OpenAI, Sam Altman tiba-tiba menggegerkan umum oleh sebab itu dilengserkan perusahaannya sendiri. Diketahui Sam Altman dipecat lantaran komunikasi yang mana dinilai kurang dengan dewan perusahaan.

Tapi apa sebenarnya OpenAI itu? Berikut penjelasan singkat tentang OpenAI, sebagaimana dilansir dari Android Authority, Selasa (21/11/2023).

Apa itu OpenAI?
OpenAI adalah perusahaan serta laboratorium penelitian kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mana telah dilakukan memberikan kontribusi signifikan dalam bidang AI, khususnya lewat item chatbot ChatGPT.

OpenAI sendiri memiliki kepanjangan Open Artificial Intelligence. Ini adalah perusahaan yang tersebut fokus pada penelitian lalu pengembangan kecerdasan buatan.

Perusahaan ini didirikan untuk menjamin bahwa kecerdasan umum buatan (artificial general intelligence/AGI) bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Profil Samuel Altman, Bos ChatGPT. (imigrasi.go.id)
Profil Samuel Altman, Bos ChatGPT. (imigrasi.go.id)

Siapa pendiri OpenAI?
OpenAI didirikan pada bulan Desember 2015 oleh sekelompok orang terkemuka yang dimaksud berasal dari industri teknologi serta AI. Beberapa pendiri OpenAI yakni Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, John Schulman, hingga Wojciech Zaremba.

Organisasi ini didirikan pada tahun 2015 dengan misi untuk menciptakan teknologi AI yang mana akan memberikan dampak positif luas pada penduduk serta menjadikan teknologi ini dapat diakses oleh semua orang.

Siapa pemilik OpenAI?
OpenAI beroperasi sebagai organisasi penelitian dan juga pengembangan, serta tugas utamanya adalah terhadap umat manusia secara keseluruhan. OpenAI didanai oleh sekelompok organisasi filantropi, termasuk Open Philanthropy Project.

Namun OpenAI tak hanya saja dari lembaga filantropi. Mereka juga didanai oleh sumbangan dari individu.

Perusahaan ini tidak ada miliki pemegang saham serta tidak ada beroperasi untuk mencari keuntungan. Oleh dikarenakan itu, OpenAI tiada dimiliki oleh individu atau korporasi mana pun.

ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)
ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)

Apa sekadar item OpenAI?
Diketahui OpenAI sudah mengembangkan beberapa item berbasis AI terbaru. Berikut daftarnya.

  • ChatGPT: ChatGPT adalah komoditas chatbot berbasis kecerdasan buatan. Ini didasarkan pada Generative Pre-trained Transformer alias GPT-3, model bahasa yang mampu memahami lalu menghasilkan teks mirip manusia.
  • DALL·E:  Produk ini tak lama diumumkan perusahaan. Ini adalah versi terbaru generator gambar AI yang mana dibangun langsung ke mesin pencari (search engine) milik Microsoft, Bing. DALL-E 3 adalah model AI yang menghasilkan gambar dari deskripsi tekstual, membuka kemungkinan kreatif baru pada bidang seni serta desain.
  • CLIP: CLIP adalah model yang memahami gambar kemudian teks secara bersamaan. Produk ini memungkinkan berbagai pekerjaan seperti penelusuran visual hingga memahami bahasa alami.
  • Produk lain: OpenAI pun miliki produk-produk juga proyek penelitian lainnya, termasuk Whisper (sistem pengenalan ucapan otomatis) kemudian Codex (model bahasa untuk pembuatan kode). Produk-produk ini dapat diterapkan dalam berbagai industri, mulai dari perawatan kesehatan hingga pengembangan perangkat lunak.
Baca Juga:  Ini adalah Link Download GTA San Andreas untuk HP kemudian PC yang tersebut Legal

Itulah sekilas profil OpenAI, mulai dari pendiri, pemilik, status perusahaan, hingga produk-produk yang digunakan dihasilkan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button