Kesehatan

Pria Gay Paling Mendominasi Terpapar Cacar Monyet, Sebagian Biseksual

SateliteMX.net – Sebanyak 84,3 persen pasien cacar monyet adalah lelaki yang melakukan kontak seksual sesama jenis. Dari jumlah total tersebut, 6,5 persen teridentifikasi sebagai biseksual.

Pernyataan itu disampaikan pakar dermatologi dr Hanny Nilasari, Sp.D.V.E., Subsp. Ven.,FINSDV, FAADV. “Usianya sangat muda 31-40 tahun. Diseminasinya melalui kontak seksual kemudian melakukan kontak seksual berisiko tanpa kondom,” katanya, Kamis (2/11/2023).

Menurut Hanny, tenaga kesehatan perlu menanyakan terkait riwayat seksual kepada pasien apabila mereka itu menduga ada kasus-kasus yang digunakan dicurigai sebagai cacar monyet atau Monkeypox (Mpox).

Gejala cacar monyet biasanya diawali nyeri kepala kemudian diikuti demam lebih lanjut dari 38 derajat Celicus juga nyeri tenggorokan lalu pembesaran kelenjar getah bening, diikuti munculnya ruam setelah satu atau tiga hari.

Penampakan ruam sebagai ruam merah yang tersebut jumlahnya sedikit, tersebar secara regional artinya misalnya dalam area lengan, kemudian ada di dalam area genital, tungkai serta lainnya.

“Distribusi ruamnya mulai dari area kepala, lebih banyak padat di tempat area wajah juga anggota badan, juga dapat muncul di area area telapak tangan lalu telapak kaki,” kata Hanny.

Ruam ini kemudian diikuti lenting dan juga bintil dengan nanah di area atasnya kemudian muncul keropeng. Pada saat peralihan dari ruam ke lesi bernanah, pasien umumnya mengalami gejala subjektif terdiri dari nyeri atau gatal, kemudian saat ada keropeng umumnya rasa gatal yang dimaksud terasa.

Hanny menjelaskan, gejala ini berbeda dengan cacar air yang biasanya ditandai demam hingga 39 derajat Celcius, lalu ruam yang tersebut muncul dalam satu waktu sanggup bermanifestasi banyak sekali yaitu bisa saja merupakan kemerahan, bintil, lenting, serta ini ada dalam berbagai fase.

Baca Juga:  38 Kasus Positif Cacar Monyet, Menkes Budi Gunadi Sebut Penularannya Tidak Secepat Covid

“Perkembangan ruamnya cukup cepat untuk Varicella (cacar air) juga akan cepat berkembang menjadi keropeng dalam beberapa hari. Distribusi ruamnya lebih lanjut padat di dalam area tubuh kemudian menyebar ke area lengan juga tungkai bawah,” jelas dia.

Dia menambahkan ruam pada cacar air umumnya diikuti oleh rasa subjektif gatal. Angka kematian akibat penyakit ini sangat jarang terutama pada anak-anak. (Antara)

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button