Nasional

Polisi Ogah Pusing Siskaeee Cabut Gugatan Praperadilan: Itu Hak Dia!

Satelitemx.net – Selebgram Francisca Candra Novitasari atau Siskaeee sudah pernah mencabut gugatan praperadilan terhadap Polda Metro Jaya terkait penetapannnya sebagai terperiksa persoalan hukum produksi film porno garapan Kelas Bintang. 

Terkait hal itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes  Ade Safri Simanjuntak menganggap kembali dicabutnya gugatan praperadilan itu adalah hak konstitusional Siskaeee. 

“Itu hak konstitusional dari yang bersangkutan, mau mengajukan gugatan praperadilan, mau mencabut kembali, itu hak dia, ” katanya pada waktu dikonfirmasi di dalam Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Ade Safri juga menjelaskan pada prinsipnya pihaknya menjamin penyidik pada melaksanakan penyidikan diadakan secara profesional transparan juga akuntabel. Selain itu bebas dari tekanan intimidasi maupun apapun juga yang mengganggu proses penyidikan.

Polisi menangkap selebgram Fransiska Candra Novitasari alias Siskaeee di tempat Yogyakarta. (foto dok. Polisi)
Polisi menangkap selebgram Fransiska Candra Novitasari alias Siskaeee pada Yogyakarta. (foto dok. Polisi)

“Jadi apapun itu terkait gugatan praperadilan yang dimaksud diajukan oleh terdakwa maupun kuasa hukumnya, kami siap menghadapi melalui Bidkum Polda Metro Jaya lalu kemarin ada informasi pencabutan itu kami hargai,” katanya.

Siskaeee Cabut Gugatan

Pengacara  Siskaeee, Tofan Agung Ginting sebelumnya mengaku apabila pihaknya telah terjadi mencabut gugatan praperadilan yang tersebut sebelumnya diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) DKI Jakarta Selatan pada Hari Senin (15/1).

 “Iya kita mencabut dulu, kemudian nanti kita akan memasukkan lagi,” katanya pada waktu dikonfirmasi pada Jakarta, Mulai Pekan (29/1).

Tofan menjelaskan, alasan pencabutan gugatan yang disebutkan oleh sebab itu ingin memasukkan materi gugatan yang baru pasca polisi melakukan penjara terhadap kliennya.

Siskaeee pada acara jumpa pers film Kramat Tunggak di area kawasan Menteng, Ibukota Pusat, Rabu (29/11/2023). [Tiara Rosana/Suara.com]
Siskaeee di area acara jumpa pers film Kramat Tunggak dalam kawasan Menteng, DKI Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). [Tiara Rosana/Suara.com]

 “Karena kemarin itu (gugatan) terkait penetapan tersangkanya, cuma pasca itu dijalankan penahanan. Kita belum masukkan (gugatan) itu, jadi kita cabut itu kemudian masukkan yang digunakan baru itu terkait penangkapan penahanannya juga supaya masuk dalam pada gugatan praperadilannya,” katanya.

Baca Juga:  Beredar Video WNI di dalam London Cekcok Tak Bisa Nyoblos, ini Penerangan PPLN

Ketika ditanyakan kapan Siskaeee mengajukan kembali gugatannya, Tofan menjelaskan, pihaknya sedang menyusun materi gugatan yang digunakan baru.

“Biar kita susun dulu, kemudian kita lanjut buat itu (gugatan praperadilan baru) nanti kita ke Pengadilan supaya nanti sidang dibuka lagi. K kemudian kita serahkan itu lalu nanti dipertimbangkan hakim kemudian akan dibacakan penetapannya,” katanya. (Antara)

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button