Nasional

Polda Metro Dicap Melempem Usut Kasus Dugaan Firli Peras SYL, ICW: Saatnya Kapolri Turun Tangan!

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera turun tangan untuk menangangani dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dimaksud menyeret nama Ketua KPK Filri Bahuri.

Desakan itu disampaiakan Kurnia, akibat menilai penyidikan yang mana dilaksanakan Polda Metro Jaya sudah berlarut-larut kemudian kunjung menetapkan tersangka.

“ICW merasa sudah saatnya Kapolri turun tangan mengambil alih seluruh penanganan perkara melalui Bareskrim Polri. Sebab, rangkaian proses hukum terhadap Pimpinan KPK yang digunakan dikerjakan Polda sangat lambat juga berlarut-larut,” kata Kurnia lewat keterangannya kepada Suara.com, Rabu (22/11/2023).

Ketua KPK Firli Bahuri berusaha hindari sorotan wartawan hingga menutupi wajahnya di dalam dalam mobil. Momen itu terjadi setelah Firli menjalani pemeriksaan dalam Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemersaan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Suara.com/M Yasir)
Ketua KPK Firli Bahuri berusaha hindari sorotan wartawan hingga menutupi wajahnya di tempat dalam mobil. Momen itu terjadi setelah Firli menjalani pemeriksaan dalam Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemersaan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Suara.com/M Yasir)

ICW menilai penyidikan Polda Metro Jaya hanya sekali gagah juga berani pada awal.

“Namun melempem pada ujung penuntasan perkara ini,” tegas Kurnia.

Sementara kepada Dewan Pengawas KPK yang dimaksud menangani dugaan pelanggaran etik Filri atas laporan pemerasan dan juga pertemuan pertemuan SYL, diminta untuk segera dinaikkan ke sidang etik.

“Sebab, bukti petunjuknya sudah beredar, misalnya, foto Firli dengan Syahrul Yasin Limpo. Selain itu, Dewan Pengawas juga sanggup berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menelusuri bukti awal, baik dalam hal indikasi pemerasan maupun pertemuan dengan pihak berperkara,” ujar Kurnia.

Beredar foto memperlihatkan Ketua KPK Firli Bahuri lalu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam sebuah GOR bulutangkis di area kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat. (Ist)
Beredar foto memperlihatkan Ketua KPK Firli Bahuri dan juga Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di area sebuah GOR bulutangkis di dalam kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat. (Ist)

ICW juga mewanti-wanti Dewas KPK jangan sampai menjadi kuasa hukum Firli.

“Jangan sampai Dewan Pengawas kembali terlihat seperti kuasa hukum Firli sebagaimana dalam penanganan dugaan pelanggaran kode etik sebelumnya,” tegas Kurnia.

Sebagaiamana diketahui,  kasus dugaan pemerasan yang mana menyeret Firli Bahuri masih berproses dalam Polda Metro Jaya. Firli sudah menjalani pemeriksaan sebanyak dua kali, begitu juga dengan SYL.

Selain itu, sebanyak 99 saksi sudah diperiksa penyidik, namun demikian Polda Metro Jaya belum juga menetapkan tersangka. 

Baca Juga:  Firli Terus Melawan, Pertanyakan Alat Bukti Polda Metro Jaya Jadikan Dirinya Tersangka

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button