Bisnis

Rangkaian Penopang UMKM di dalam Indonesia, Topindoku Bersiap Menuju Bursa

Satelitemx.net – JAKARTA – MNC Sekuritas merupakan unit kegiatan bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) kemudian perusahaan sekuritas terbaik yang mana mempunyai reputasi dan juga mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas menyediakan layanan sekuritas lengkap, termasuk membantu dan juga mendampingi klien pada pendanaan lingkungan ekonomi modal, misalnya melalui Initial Public Offering (IPO).

PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK), adalah perusahaan start up yang tersebut berdiri pada tahun 2018. Perseroan miliki satu sistem yaitu Topindoku, yang digunakan melayani pemasaran Business-to-Business (B2B) lalu Business-to-Consumer (B2C). Melalui media Topindoku, Perseroan menawarkan komoditas virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, retail, serta lain-lain.

Target pelanggan utama Perseroan adalah para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil juga Menengah) seperti warung-warung dan juga kedai-kedai yang mana menjadi mitra dari Perseroan. Untuk mengupayakan perkembangan UMKM pada Indonesia, sistem Topindoku menawarkan layanan berkualitas tinggi. Perseroan memberdayakan serta memacu pelaku perniagaan UMKM dalam bursa tradisional agar bidang usaha mereka itu dapat bersaing pada era pangsa modern, sehingga dapat meningkatkan kemudian menghasilkan kembali keberadaan yang lebih banyak baik.

Di tahun 2023, sistem Topindoku tercatat memiliki lebih lanjut dari 995.000 downloader di tempat Playstore, 23.500 downloader pada App Store, kemudian mempunyai 25 Gerai, juga 66 Top Up Point (TUP). Saat ini, Perseroan berdomisili dalam Daerah Perkotaan Singkawang dan juga jaringan operasi mayoritas tersebar di tempat wilayah Kalimantan. Melalui Penawaran Umum Awal Saham ini, Perseroan berencana melebarkan sayapnya hingga luar Kalimantan.

Seiko Manito, founder sekaligus pimpinan Perseroan, menyatakan bahwa kesuksesan TOSK tidaklah diraih pada satu malam, namun merupakan hasil dari kerja keras serta komitmen selama puluhan tahun untuk memberdayakan kemudian memacu pelaku bisnis UMKM. Seiko menambahkan bahwa kemampuan TOSK pada mempertahankan profitabilitasnya menunjukkan kemampuan untuk menerapkan strategi perniagaan yang mana optimal serta operasional yang dimaksud efisien.

Baca Juga:  Pangeran Salman Mau Bangun Kembali Gaza, Syaratnya Palestina Merdeka

Ekspansi Luar Kalimantan & Melantai dalam Bursa

Setelah cukup diakui juga mampu menguasai pangsa dalam wilayah Kalimantan, Perseroan berencana untuk mengembangkan bidang usaha segmen hasil digitalnya dengan melakukan penetrasi dalam wilayah luar Kalimantan.

Sebagai salah satu langkah nyata guna mengupayakan ekspansi tersebut, TOSK pada tahun ini berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Awal atau IPO, kemudian pada waktu ini sudah resmi memulai masa penawaran awal (book building) sejak tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan tanggal 19 Januari 2024.

Berdasarkan informasi yang tersebut tertuang pada Prospektus Awal, Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 875 jt Saham Baru atau setara dengan 20% dari modal disetor pasca IPO yang digunakan ditawarkan pada rentang nilai tukar Rp115 – Rp125 per saham, dengan target dana yang mana terkumpul sebanyak-banyaknya Rp109,37 miliar.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button