Bisnis

Perkuat Literasi Keuangan, IFG Ajak Generasi Muda Kenali Mitigasi Risiko Melalui Asuransi

SateliteMX.net – Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Investasi, dan juga Penjaminan melalui IFG Progress sebagai lembaga kajian dan juga riset, mengajak generasi muda khususnya mahasiswa untuk mengenali risiko yang tersebut ada di dalam sekitar kehidupan juga melakukan mitigasi melalui asuransi juga dana pensiun.

Kegiatan yang digagas sebagai salah satu upaya IFG dalam memperkuat pemahaman mahasiswa sebagai Gen Z terhadap industri keuangan, khususnya asuransi juga dana pensiun.

Senior Research Associate IFG Progress Ibrahim Kholilul Rohman mengungkapkan, pemahaman terhadap asuransi dimulai dengan mengenal risiko kemudian ketidakpastian yang mana ada pada sekitar kehidupan.

Pihaknya mengajak Gen Z untuk menyadari segala risiko, seperti risiko dalam perjalanan, saat menonton sebuah pertandingan olahraga, atau risiko-risiko terkait kebencanaan, di tempat antaranya gagal panen, banjir, atau wabah penyakit. Risiko yang disebut tidaklah dapat diduga, sehingga perlu adanya mitigasi risiko melalui asuransi dan juga dana pensiun.

“Asuransi dan juga dana pensiun itu dekat sekali dengan kehidupan masyarakat. Sebagai generasi muda yang digunakan miliki posisi juga peran yang digunakan sangat strategis dalam keberlanjutan penguatan literasi keuangan pada Indonesia, kami ingin agar pemahaman Gen Z terhadap instrumen keuangan tiada hanya saja sebatas pada perbankan, tetapi juga terkait asuransi dan juga dana pensiun, khususnya bertujuan untuk mengelola risiko yang mana tiada terduga dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dia dalam keterangannya, Rabu (22/11/2023).

Seperti diketahui, sebagai bagian dari Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), IFG miliki kewajiban untuk berperan bergerak melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan Literasi Keuangan.

Hal yang disebut sejalan dengan POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi lalu Inklusi Keuangan di dalam Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.

Baca Juga:  Kenapa Setiap Orang Perlu Asuransi? Tiga Hal Ini adalah Bisa jadi Pertimbangan

Ibrahim menambahkan, pihaknya juga berkesempatan untuk memperkenalkan IFG sebagai perusahaan BUMN Holding yang terus mengupayakan perbaikan kemudian penguatan dalam industri asuransi serta dana pensiun.

Ada berbagai kesempatan berkarir di area industri asuransi lalu dana pensiun, antara lain sebagai researcher, investment expert, Economist, maupun sebagai Actuary juga Underwriter.

Dengan kesempatan tersebut, IFG melalui IFG Progress ingin menyokong penguatan lima peran strategis mahasiswa di tempat tengah masyarakat, baik sebagai agent of change, iron stock, guardian of value, moral force, maupun social control.

Pemahaman yang mana benar terkait industri keuangan, termasuk di tempat dalamnya asuransi kemudian dana pensiun, akan menggalakkan Gen Z menjadi lokomotif dalam upaya peningkatan literasi asuransi lalu dana pensiun di tempat tengah masyarakat.

“Melalui kuliah umum ini, kami berharap para mahasiswa dapat mengimplementasikan pengetahuan asuransi dan juga dana pensiun dalam kehidupan mereka, menyebarluaskan pemahaman yang disebut kepada lingkungan sekitarnya, serta lebih tinggi siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, termasuk dengan mengambil kesempatan karir di dalam industri asuransi dan juga dana pensiun,” katanya.

Pelaksanaan acara IFG Progress Campus Visit hal itu diikuti kurang lebih besar 150 peserta, terdiri dari mahasiswa, dosen lalu dekanat. Ke depannya, IFG Progress akan melakukan kegiatan yang mana mirip secara lebih banyak masif untuk merengkuh lebih lanjut banyak kalangan mahasiswa, yang dimaksud adalah para milenial untuk mempunyai kesadaran akan pentingnya berasuransi serta miliki dana pensiun.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button