Bisnis

Penukaran Uang Baru BI Masih Ada hingga 5 April 2024: Intip Jadwal hingga Tata Caranya

Satelitemx.net – JAKARTA – Bank Indonesia (BI) berikrar untuk memenuhi keperluan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadan kemudian Idulfitri 2024. Proyek penukaran uang baru ini telah berjalan sejak 15 Maret 2024 lalu hingga 5 April 2024 mendatang.

BI mengatur penukaran uang pada 499 lokasi, yang dimaksud terdiri dari lokasi strategis (stadion, alun-alun kota), Kas Keliling BI (pasar tradisional juga modern), Proyek Tematik Susur Sungai, dan juga di tempat lokasi-lokasi mudik seperti rest area jalan tol kemudian hub transportasi.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, setiap titik penukaran BI melalui Mobil Kas Keliling punya alokasi jumlah agregat kuota penukaran dengan web PINTAR adalah 300-500 orang.

“BI setiap saat menyebabkan modal kerja lebih besar untuk melayani juga penduduk yang tersebut datang secara langsung tanpa melalui PINTAR (Go Show) dengan rata-rata 50% dari yang digunakan terdaftar di dalam PINTAR,” kata Marlison pada waktu dikonfirmasi MNC Portal, Selasa (2/4/2024).

Khusus untuk perbankan, penukaran uang bisa jadi dijalankan pada 4.264 kantor bank/titik layanan yang tersebut tersebar di tempat seluruh Indonesia. “Jadi warga mampu menukar tidaklah belaka di dalam BI pada titik layanan kemudian melalui Mobil Kas keliling, tapi juga di tempat perbankan,” ungkap Marlison.

Untuk Jam operasional penukaran uang baru pada Bank Indonesia adalah pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat hingga 11.30 WIB. Sedangkan untuk di dalam perbankan menyesuaikan jam operasional yang mana sudah ada ditentukan.

Berikut paket penukaran uang rupiah

– BI akan menerapkan sistem paket untuk per orang per harinya. Dengan demikian, satu orang semata-mata dapat menukar uang tunai maksimal Rp4 jt per hari.
– BI juga menyediakan layanan tambahan meliputi penukaran UPK75RI dan juga penukaran menggunakan uang logam pada Kas Keliling Terpadu.

Baca Juga:  Akhir Tragis Budi Said: Crazy Rich Surabaya yang mana Terjerat Kasus Jual Beli Emas Antam

Mekanisme Penukaran.
– Komunitas melakukan pendaftaran juga menentukan lokasi penukaran menggunakan Aplikasi Penukaran dan juga Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada situs https://pintar.bi.go.id/
– Pemberian layanan secara go-show bagi penduduk yang mana belum melakukan pendaftaran pada PINTAR dapat diadakan selama kuota masih tersedia.

Berikut paket penukaran layanan kas keliling BI dengan maksimal Rp4 juta.
– Pecahan Rp1.000 dengan 100 lembar pada nominal Rp100.000
– Pecahan Rp2.000 dengan 200 lembar di tempat nominal Rp400.000
– Pecahan Rp5.000 dengan 100 lembar di area nominal Rp500.000
– Pecahan Rp10.000 dengan 100 lembar pada nominal Rp1.000.000
– Pecahan Rp20.000 dengan 50 lembar di tempat nominal Rp1.000.000
– Pecahan Rp50.000 dengan 20 lembar di dalam nominal Rp1.000.000

Cara melakukan penukaran uang melalui laman PINTAR BI:

1. Kunjungi link penukaran uang baru https://pintar.bi.go.id/.
2. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling” yang berada di area halaman awal situs.
3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang mana diinginkan.
4. Akan muncul daftar lokasi serta tanggal yang mana tersedia.
5. Pilih lokasi serta tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.
6. Isi data pemesanan, yang digunakan meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, lalu alamat e-mail.
7. Isi total lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, serta akan diberi bukti pemesanan.
8. Bawa bukti pemesanan yang dimaksud ke petugas kas keliling pada waktu melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan lokasi kemudian waktu yang tersebut dipilih.

Related Articles

Back to top button