Bisnis

otoritas Minta UMKM Wajib Melek Teknologi, Ini adalah Alasannya

Satelitemx.net – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memohon pelaku UMKM harus melek teknologi. Pasalnya, dengan melek teknologi pelaku UMKM dapat memperluas cakupan iklan barang dia kemudian dapat bersaing, baik di tempat bursa lokal maupun global.

“Kami juga berharap para pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemanfaatan perwakilan perdagangan RI yang mana terdiri dari para Atase Perdagangan juga Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang mana tersebar di tempat seluruh dunia untuk memperkenalkan lalu menggenjot ekspor barang Indonesia,” ujar Wamendag Jerry di keterangannya, hari terakhir pekan (9/2/2024).

Dia menekankan, berbagai kegiatan Kementerian Perdagangan dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM.

Baca Juga
Libur Panjang, Hampir 400.000 Kendaraan Tinggalkan Ibukota Indonesia pada Dua Hari

Contohnya, kegiatan pembinaan, pelatihan, juga pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk, kapasitas sumber daya manusia, kapasitas bisnis, juga perluasan akses pemasaran.

Jerry menyatakan, pengembangan hasil Indonesia merupakan salah satu prioritas pemerintah pusat dan juga daerah. pemerintahan sebagai regulator harus menjadi contoh lalu teladan pada penyelenggaraan barang di negeri.

“Pemerintah pusat maupun area harus menjamin barang pada negeri berdaya. Saat ini, saya memakai kemeja batik buatan lokal. Bahkan, kemeja batik ini dibuat di dalam Kota Minahasa dengan motif Sulawesi Utara. pemerintahan sebagai regulator harus memberikan contoh juga teladan pada penyelenggaraan hasil pada negeri. Tidak semata-mata mencintai, tapi juga membeli, memakai, kemudian mengonsumsi,” kata dia.

Jerry menambahkan, UMKM menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia pada situasi pandemi pandemi Covid-19 pada tiga tahun terakhir. Dari sisi ekspor, tambahan dari 75 persen eksportir merupakan UMKM. Namun, kontribusinya baru mencapai empat persen terhadap total nilai ekspor Indonesia.

Baca Juga:  Butuh Bantuan Tentang Kredit BRI? Langsung Hubungi Contact BRI 1500017

Related Articles

Back to top button