Lifestyle

Novita Hardini Istri Bupati Trenggalek Diusir saat Mewakili Garda Transfumi di dalam Magetan, Apa Itu?

SateliteMX.net – Istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini mengaku diusir saat mewakili Garda Transfumi di dalam sebuah acara. Hal itu dinyatakannya sendiri dalam akun Instagram pribadinya. Maka, netizen pun menjadi tertarik pada profil Garda Transfumi. Apa itu Garda Transfumi.

Bermula dari pengakuan Novita Hardini yang diusir serta mendapatkan perlakuan tak menyenangkan ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Magetan. Ia datang untuk mewakili Garda Transfumi kependekan dari Transformasi Formal Usaha Mikro). Pengusiran itu terjadi saat menjadi pemateri di area SMA Negeri 1 Kabupaten Magetan.

Pengakuannya ini menjadi menyebar dalam sosial media. Ia menceritakan dipaksa cepat-cepat meninggalkan lokasi, sehingga ia memberikan materi belaka 5 menit. Menurutnya, penduduk sedang antusias. Ia mengaku sudah berkegiatan bersama Garda Transfumi sejak tahun 2018. Ia tampak mengisyaratkan kejadian ini terjadi akibat ia mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif DPR RI. Menurutnya, persaingan seharusnya berjalan secara sehat.

Netizen yang penasaran tapi belum tahu apa itu Garda Transfumi tentunya bukan tahu seberapa penting acara tersebut. Bahkan mungkin ada yang dimaksud tiada tahu jika Garda Transfumi itu eksis di tempat Indonesia. Lantas, apa itu Garda Transfumi?

Garda Transfumi (micromentor.org)
Garda Transfumi (micromentor.org)

Profil Garda Transfumi

Garda Transfumi merupakan komunitas relawan yang mana dibentuk oleh Kementerian Koperasi juga UKM Republik Indonesia. Pengoperasiannya memanfaatkan uang negara. Tujuannya adalah melakukan pendampingan kepada setiap pelaku bidang usaha untuk menerbitkan legalitas perniagaan dalam masing-masing wilayah. 

Program Transfumi resmi diluncurkan pada 19 Juni 2021. Pembentukan Transfumi oleh Kementerian Koperasi kemudian UKM dijalankan dengan bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia. Transfumi dibentuk sebagai implementasi PP 7/2021 tentang kemudahan, perlindungan, serta pemberdayaan UMKM. 

Kegiatan utamanya sebagai bimbingan teknis mengenali legalitas bisnis (NIB), pendampingan memperoleh sertifikasi halal, juga SNI kepada Garda Transfumi yang dimaksud terpilih. Transfumi berkomitmen untuk mewujudkan perubahan fundamental digital 30 jua UMKM Indonesia tahun 2023. 

Baca Juga:  Jessica Rinrada Kerja Apa? Bisa Bolak-balik Operasi Plastik demi Jadi Transgender

Sampai tahun 2021, Garda Transfumi sudah menerbitkan 17.654 Nomor Induk Berusaha (NIB) juga melakukan pendampingan atau mentoring kegiatan bisnis kepada 12.823 usaha mikro. 

Terdapat ratusan relawan dalam Garda Transfumi serta dia tersebar di area lima wilayah, antara lain Jadetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga Jawa Timur. Tugas mereka itu adalah mendampiliki pelaku bisnis mikro yang mengalami kendalam dalam mengajukan perizinan usaha. 

Demikian itu yang tersebut dapat disampaikan mengenai profil Garda Transfumi. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button