Otomotif

Nekat Ngebul ketika Berkendara Motor, Siap-siap Keluar Duit 750 Ribu

Satelitemx.net – Siapa sangka, kebiasaan ngebul atau merokok ketika berkendara motor bisa jadi mengantarkan ke hotel prodeo (penjara). Bahkan bisa saja hanya meninggalkan duit hingga Rupiah 750 ribu.

Merokok ketika berkendara miliki dampak negatif bagi pemotor yang dimaksud ngebul serta juga pengendara lainnya.

Kebiasaan ini ternyata juga sanggup menyebabkan pemotor berurusan dengan polisi. Bahkan polisi tak segan-segan untuk memasukkan pemotor ke penjara jikalau terbukti melakukannya.

Hal ini ditegaskan lewat unggahan akun Instagram @tmcpoldametro. Dalam caption-nya, dituliskan merokok sambil berkendara bisa saja kena pidana.

“Merokok sambil berkendara dapat kena pidana!” tulisnya.

Polisi mengacu pada Undang-undang Lalu Lintas juga Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1. Berikut tulisnya:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di area Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar serta penuh konsentrasi.” (Dalam hal ini termasuk merokok)”

Bahkan pada aturan yang dimaksud juga tercatat jikalau pemotor tetap memperlihatkan nekat melakukan, bisa-bisa terkena pidana kurungan serta denda hingga Rupiah 750 ribu.

“Sebagaimana dimaksud pada Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750,000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah),”

Bahaya Berlapis di dalam Balik Asap Rokok

Bukan rahasia lagi bahwa merokok mengakibatkan segudang bahaya bagi kesehatan. Tapi tahukah kalian bahwa bahayanya berlipat ganda pada waktu kamu melakukannya di dalam melawan kendaraan?

  • Gangguan Konsentrasi: Asap rokok dapat mengganggu fokus dan juga konsentrasi pengemudi, meningkatkan risiko kecelakaan fatal.
  • Gangguan Penglihatan: Asap rokok dapat mengempiskan jarak pandang kemudian mengganggu penglihatan pengemudi, khususnya pada waktu di malam hari hari.
  • Risiko Terhirup Orang Lain: Asap rokok yang dimaksud dihembuskan di dalam ruang terbuka dapat terhirup oleh pengendara lain, khususnya anak-anak serta orang tua, yang tersebut lebih tinggi rentan terhadap bahaya asap rokok.
Baca Juga:  Seberapa Penting Gunakan Jaket pada waktu Bermotor?

Kebiasaan merokok sambil berkendara bukanlah hanya saja membahayakan diri sendiri dan juga orang lain, tapi juga melanggar hukum lalu sanggup dikenai pidana. Oleh dikarenakan itu, marilah kita ciptakan jalanan yang tersebut aman lalu sehat dengan bersama-sama menghindari kebiasaan ini.

Related Articles

Back to top button