Otomotif

Motor Tanpa Aki Tetap Dipakai Bepergian, Apa Efeknya?

Satelitemx.net – Aki pada sepeda gowes motor, khususnya motor karburator, miliki peran yang mana sangat vital lantaran menyediakan listrik sementara kelistrikan sepeda gowes motor dijalankan oleh spul.

Melihat efek negatif yang muncul ketika kendaraan beroda dua motor tak menggunakan aki, disarankan untuk selalu memasang aki pada kendaraan bermotor kesayangan Anda.

Selain memberikan kenyamanan ekstra, pengaplikasian aki juga dapat meningkatkan tingkat keamanan di berkendara. 

Meskipun sepeda gowes motor dapat tetap saja beroperasi tanpa aki, hal ini dapat menyebabkan beberapa efek negatif yang perlu diperhatikan. Apa saja?

1. Sulit Menghidupkan Mesin

Pada sepeda gowes motor modern, kita dapat menghidupkan mesin dengan mudah menggunakan layanan electric starter yang bergantung pada aki.

Tanpa aki, kita terpaksa harus mengandalkan kick starter untuk menyalakan mesin, yang mana mungkin saja terasa kurang praktis serta memerlukan usaha ekstra. Bahkan sebagian motor sekarang tak dibekali dengan kick starter.

2. Lampu Sein Tidak Berkedip

Tanpa aki, tegangan listrik yang dimaksud disediakan oleh spul dapat menjadi tidak ada stabil, mengakibatkan lampu sein yang dimaksud berkedip cepat atau bahkan tak berkedip sejenis sekali.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya daya listrik yang dapat dihasilkan ketika RPM mesin rendah, memengaruhi kinerja flasher yang digunakan mengatur kecepatan berkedipnya lampu sein.

3. Lampu Motor Redup pada waktu RPM Mesin Rendah

RPM mesin rendah, seperti di kondisi idle atau langsam, memunculkan tegangan listrik yang terbatas dari spul.

Tanpa aki sebagai sumber daya tambahan, lampu motor dapat menjadi redup kemudian kurang terang ketika mesin berada di keadaan stationer. Lampu semata-mata akan kembali terang ketika mesin diberi gas.

Baca Juga:  Misteri Hilangnya Kick Starter pada Motor Zaman Now, Hal ini Sebabnya

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button