Otomotif

Mobil Masa Depan Ford, Terbuat dari Limbah Pohon Zaitun

Satelitemx.net – JAKARTA Ford Motor Company mengembangkan sebuah prototipe mobil masa depan. Uniknya, material dasar pembuatannya dari limbah pohon zaitun.

Momen temuan mobil dari limbah pohon zaitun tadi cukup bersejarah pada dunia manufaktur kendaraan berkelanjutan. Newsweek melansir, Rabu (17/1/2024), Ford sudah pernah menemukan cara untuk mengubah limbah dari pohon zaitun, yakni dari cabang, ranting, dan juga dedaunan menjadi prototipe bagian mobil.

Tidak belaka menurunkan limbah, perusahaan ini menemukan bahwa bagian-bagian yang disebutkan cukup tahan lama untuk digunakan di kendaraan produksi, menghurangi jumlah agregat plastik yang digunakan digunakan di dalam bawah lembaran logam. Teknologi baru ini diungkapkan selama pengumuman kemitraan pembuat mobil dengan proyek COMPOlive. Gabungan kekuatan ini untuk menunjukkan kegunaan materi daur ulang juga terbarukan.

Proyek ini mempunyai tiga tujuan, yakni mengubah pengelolaan pemangkasan serta meningkatkan aspek sosial lalu kegiatan ekonomi sektor zaitun dari perspektif lingkungan; mengembangkan serat atau biokomposit baru dengan berbagai perangkat lunak untuk menghurangi plastik baru berbasis fosil juga menggalang rencana Uni Eropa untuk menimbulkan sektor ekonomi benua itu tambahan sirkular.

Bahan limbah berasal dari kebun zaitun di dalam Andalusia , Spanyol dengan produksi minyak zaitun tertinggi dalam dunia. Bagian prototipe terdiri dari 40 persen serat pohon zaitun juga 60 persen plastik polipropilena daur ulang. Substansi yang disebutkan kemudian dipanaskan lalu dicetak menjadi bentuk bagian yang digunakan dipilih. Limbah yang dimaksud biasanya akan dibakar atau disimpan, yang dimaksud berarti harus diangkut ke lokasi pengumpulan.

Untuk mencari tahu apakah material yang disebutkan dapat digunakan, simulasi material diadakan di tempat Cologne, Jerman. Setelah menyetujui cetakan, kekuatan, lalu daya tahan materi tersebut, merek mulai menciptakan bagian-bagian prototipe. Ford ketika ini sedang mengevaluasi bagian-bagian lalu proses untuk implementasi yang mana lebih tinggi luas.

Baca Juga:  Apa Bedanya Honda City VTEC dengan City i-DSI? Ini adalah Perbandingannya

Ford mencatatkan data bahwa ini bukanlah kali pertama mereka itu menemukan cara menggunakan materi berkelanjutan pada pada kendaraan. Mereka menciptakan kursi serta sandaran kepala berbahan dasar busa kedelai pertama dalam industri, dan juga menggunakan unsur daur ulang pasca-konsumen seperti cangkir yogurt untuk bagian depan Ford Mustang Mach-E juga plastik lautan daur ulang di dalam klip Ford Bronco Sport.

“Kami terus-menerus mencari cara untuk menjadi lebih lanjut berkelanjutan, juga terkadang inspirasi dapat datang dari tempat yang mana paling bukan mungkin. Menggunakan limbah dari pohon zaitun , kami telah dilakukan dapat menggantikan beberapa jumlah besar substansi baku berbasis minyak bumi pada bagian-bagian interior. Serat yang dimaksud berkelanjutan menciptakan penampilan permukaan yang dimaksud unik serta akan dengan segera terlihat oleh pelanggan kami,” kata Inga Wehmeyer, pemimpin proyek.

Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif The Road To Better dari Ford untuk menggabungkan unsur berkelanjutan di kendaraannya, beralih lebih banyak sejumlah manufakturnya ke listrik yang terbarukan kemudian bebas karbon, menghemat air, juga menghurangi limbah menjadi nol.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button