Bisnis

Mitos atau Fakta Mematikan AC Mobil Bikin Lebih Irit BBM

SateliteMX.net – Ada anggapan mematikan AC mobil bisa saja menghemat BBM atau materi bakar minyak. Namun apakah hal ini berlaku untuk semua jenis mobil.

Seperti dilansir dari mobil88, untuk mobil yang tersebut masih baru atau tahun muda, baik dengan volume mesin besar maupun kecil, hal hal tersebut rupanya tidak ada banyak berpengaruh pada konsumsi material bakar. 

Sebab, mobil-mobil terkini sudah dibekali beberapa orang teknologi untuk memaksimalkan efisiensi BBM.

Jadi untuk mobil berusia pada bawah 10 tahun, mematikan AC mobil demi irit BBM tidaklah efektif. Bahkan dengan sering mematikan serta menghidupkan AC, justru malah berpotensi menimbulkan konsumsi BBM lebih banyak boros.

Hal ini terjadi lantaran kompresor AC mobil harus berulang kali bekerja keras mengejar tingkat suhu dalam kabin. Hal yang tersebut justru dapat mempengaruhi konsumsi material bakar.

Komponen AC mobil miliki dua sensor, yaitu sensor udara luar serta sensor udara dalam kabin. Saat AC diatur pada suhu 18 derajat Celcius juga udara pada luar kendaraan sangat panas, komputer (ECU) akan selalu mengaktifkan kompresor agar suhu dalam kabin mencapai nomor tersebut.

Pada mobil tahun muda, biasanya sistem AC sudah otomatis sehingga tak perlu repot mengatur suhu oleh sebab itu ECU akan membaca pengaturan ideal dengan membandingkan suhu pada luar mobil.

Namun pada pada mobil lawas yang tersebut belum dilengkapi pengaturan suhu otomatis, disarankan untuk mengatur suhu AC pada hitungan 25 derajat Celcius. Suhu ini dianggap ideal sebab bukan terlalu berjauhan berbeda dengan suhu di area luar mobil, dimana suhu rata-rata Indonesia adalah 30 derajat Celcius.

Perbedaan suhu yang dimaksud tidak ada terlalu sangat jauh antara dalam luar lalu di dalam dalam mobil akan menimbulkan kerja kompresor lebih banyak ringan. Bila suhu dalam mobil sudah mendekati 25 derajat, maka sistem akan memutus kerja kompresor. Hal hal itu sanggup membantu menghemat BBM secara signifikan.

Baca Juga:  Bank Mandiri Guyur Kredit Rp500 Miliar Buat Bisnis Sawit Haji Isam

Untuk mobil berusia tambahan dari 15 tahun lalu berkapasitas mesin besar, mematikan AC memang mampu menghemat BBM oleh sebab itu biasanya belum dilengkapi teknologi AC otomatis serta mesin canggih yang dapat menekan konsumsi BBM.

Sehingga dengan mematikan AC, kinerja mesin menjadi lebih lanjut ringan serta lebih banyak menghemat substansi bakar, walaupun bukan terlalu signifikan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button