Bisnis

Menteri PUPR Usulkan BUJT Beri Diskon Tol di tempat Libur Natal – Tahun Baru

SateliteMX.net – Menteri Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan penerapan diskon tol, terutama pada periode musim liburan seperti Lebaran kemudian Natal – Tahun Baru merupakan inisiatif dari masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Basuki mengatakan meskipun kewenangan pemberian diskon tarif jalan tol berada pada tangan masing-masing BUJT, tetapi pihaknya mengusulkan adanya potongan harga jual di tempat periode libur akhir tahun kepada Asosiasi Jalan Tol Indonesia atau ATI.

“Maka dari itu kami mengajukan usulan diskon tarif tol kepada Asosiasi Jalan Tol Indonesia,” kata Menteri Basuki di dalam Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Basuki mengingatkan tak semua BUJT menerapkan diskon tarif tol seperti halnya pada Lebaran 2023, akibat ada BUJT yang digunakan menerapkan diskon kemudian juga ada yang dimaksud tak menerapkannya.

Mengenai diskon tarif tol ini, pemerintah semata-mata mengimbau oleh sebab itu pemerintah tidaklah mampu melakukan intervensi terhadap aksi korporasi BUJT.

“Jadi semua harus berdasarkan pada aksi korporasi sesuai dengan proses perusahaan (business process) masing-masing BUJT,” ujar Basuki, sembari menambahkan diskon tol bertujuan untuk memperlancar arus lalu-lintas di tempat musim liburan.

Dua jalan tol baru difungsikan

Sementara itu untuk kelancaran lalu-lintas libur Natal – Tahun Baru, Menteri Basuki mengatakan bahwa Tol Jakarta – Cikampek II Selatan lalu Tol Solo – Yogyakarta – Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan difungsikan.

“Jalan tol yang mana dapat difungsikan saat Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024 ini yaitu Tol Cikampek II Selatan segmen Kutanegara – Sadang dan juga Tol Solo – Yogyakarta – Bandara YIA segmen Kartasura – Karanganom,” ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR di dalam Jakarta, Selasa.

Baca Juga:  pemilihan Satu Putaran Dianggap Lebih Menguntungkan Bisnis Properti

Basuki menambahkan, pada lebaran lalu Tol Solo – Yogyakarta – YIA ini baru difungsikan sampai dengan segmen Pakis.

“Untuk Natal kemudian Tahun Baru kali ini Insya-Allah dapat difungsikan sampai segmen Karanganom sepanjang 13 km,” katanya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, panjang jalan tol yang mana sudah operasional di dalam Indonesia adalah 2.816 km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 73 ruas yang dimaksud tersebar pada Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa sepanjang 1.782 km, Pulau Bali sepanjang 10 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97 km, serta Pulau Sulawesi sepanjang 62 km.

Survei Badan Kebijakan Transportasi menemukan prospek pergerakan untuk Natal 2022 lalu Tahun Baru 2024 sebesar 107,6 jt orang yang tersebut akan bepergian atau 39,8 persen. Dibandingkan dengan Natal 2022 – Tahun Baru 2023 maka terdapat kenaikan sekitar 43 persen.

Terkait moda transportasi yang digunakan oleh pemudik Natal lalu Tahun Baru kali ini, maka mobil pribadi menjadi primadona nomor satu sekitar 35 persen, sepeda motor 17 persen, kereta api 13 persen, berikutnya moda angkutan udara, bus dan juga kapal laut.

Untuk jalur yang digunakan diprediksi dilalui oleh mobil adalah tol Trans Jawa 31 persen, Cipularang 19 persen dan juga Jagorawi sebanyak 15 persen.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button