Nasional

Mensesneg Ungkap Mahfud MD Minta Waktu Berjumpa Jokowi, Ajukan Mundur sebagai Menteri?

Satelitemx.net – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum kemudian Keamanan, Mahfud MD di area Jakarta, Hari Senin waktu malam (29/1).

Menurut Pratikno, pada kesempatan itu Mahfud mengajukan permohonan untuk dapat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 

“Tadi waktu malam beliau (Mahfud MD) kemudian saya bertemu. Menko (Mahfud MD) mohon menghadap Bapak Presiden,” kata Pratikno pada arahan singkat pada Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Namun beliau mengatakan, pada pertemuannya dengan Mahfud Hari Senin malam, Mahfud belum menyampaikan surat pengunduran diri sebagai menteri. 

“Belum (menyampaikan surat pengunduran diri),” ujar dia.

Mahfud sebelumnya menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan menteri. Ia menyatakan pengunduran diri itu mengantisipasi waktu yang dimaksud tepat lalu akan dijalankan secara baik-baik.

Presiden Jokowi sendiri ketika ini masih melakukan kegiatan kunjungan kerja di area Jawa Tengah lalu diperkirakan baru tiba di area Ibukota Indonesia pada Kamis 1 Februari 2024.

Bakal Mundur

Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD memberi isyarat mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam.  Pernyataan itu disampaikan Mahfud MD ketika melakukan live acara Tabrak Prof di area Semarang, seperti dipantau dari akun Instagramnya Selasa (23/1/2024). 

Dalam bincang dengan beberapa volunteer dan juga warga, Mahfud MD mulanya mendapat pertanyaan dari salah seseorang warga terkait saran Ganjar Pranowo untuk mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam. Alasan Ganjar bahwa dengan mundur agar terhindar dari conflic of interest. 

Menanggapi itu Mahfud mengaku bahwa wacana itu telah disepakati sebelumnya sama-sama Ganjar Pranowo sebelum memutuskan forward di Pilpres 2024. Bahkan Mahfud mengaku sudah ada memberi isyarat di penutup pada waktu sesi wawancara seusai debat cawapres pada Mingguan (21/1).

Baca Juga:  Petani dan juga Seniman Bekerjasama Bikin Lukisan Wajah Ganjar-Mahfud di tempat Sawah, Begini Penampakannya

 “kesepakatan dengan saya, saya pada ketika yang dimaksud tepat akan mengundurkan diri secara baik-baik jadi bukan ada pertentangan,” ucapnya. 

“Jadi kalau saudara cermat saya kan membacakan sebuah pernyataan, saya berterima kasih terhadap Pak Jokowi yang mana sudah ada mengangkat saya 4 tahun lalu sebagai Menko Polhukam, lalu saya percaya ia punya niat baik untuk mensejahterakan rakyat. Dan sekarang saya akan melanjutkan tugas yang disebutkan sama-sama dengan Ganjar Pranowo,” lanjutnya.

Mahfud MD menambahkan mengapa tak segera dilakukan? Alasannya mengantisipasi timing yang dimaksud tepat.

“Kenapa tiada dilaksanakan sekarang lantaran menurut aturan tidaklah dilarang. Kedua saya juga ingin memberi contoh, apakah saya menggunakan kedudukan saya kemudian memanfaatkan sarana negara. Selama 3 bulan saya tidaklah lakukan itu. Saya menyelesaikan tugas dengan baik. Saya selalu merampungkan berkas kurang dari seminggu kemudian masih berkantor di dalam Menko Polhukam,” ungkapnya. 

“Saya juga tak mau dijemput atau dijamu para kepala tempat ketika saya datangi wilayah tersebut. Maksud saya ini agar bisa jadi ditiru oleh yang tersebut lain. Jadi saya tinggal mengantisipasi peluang hanya tentu dengan rasa menghormati Pak Jokowi sebagai yang tersebut menunjuk saya, bahwa saya tak ada konflik dengan beliau bila mundur nanti,” tegasnya. 

(Antara)

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button