Teknologi

Menkominfo Dorong Pengembangan Pusat Data dalam Indonesia

SateliteMX.net – Menteri Komunikasi dan juga Informatika Budi Arie Setiadi menggerakkan mengupayakan pertumbuhan industri pusat data agar dapat menopang perubahan struktural digital nasional.

Ia mengatakan kebutuhan pusat data atau data center terus meningkat. Secara global pertumbuhan pusat data mencapai 25.600 Megawatt pada 2023. Di Asia Tenggara industri ini akan berkembang lebih tinggi pesat dari rata-rata dunia, dari 1.161 Megawatt di area 2023 ke 2.733 Megawatt di dalam 2028.

“Potensi pusat data pada Indonesia saat ini sangat besar, nilainya diperkirakan sekitar 47 miliar dolar AS. Saya harap pengelola Data Center bisa jadi melayani masyarakat, khususnya dalam ekosistem digital, supaya menumbuhkan lalu memberi sumbangsih bagi perubahan struktural digital dalam Indonesia,” ungkapnya dalam Topping Off Jakarta Selatan Timur 1 (JST1) Bersama Digital Data Center (BDDC), Selasa (21/11/2023).

Menurut Menkominfo, percepatan metamorfosis digital membutuhkan kehadiran infrastruktur digital yang memadai. Oleh lantaran itu, Pemerintah berupaya menyokong pengembangan pusat data.

“Saya lagi coba kaji juga akan bicara dengan Pak Presiden. Kita ubah PP-nya. Saya pikir itu akan membuka peluang, membuka iklim pembangunan ekonomi kemudian menyokong kecepatan dan juga percepatan metamorfosis digital,” tegas dia.

Selain itu, Kementerian Kominfo terus berusaha keras untuk dapat meningkatkan kecepatan akses internet secara nasional.

“Ini juga PR kita, mengenai kecepatan. Jadi kalau di tempat industri telekomunikasi ini ada tiga isu, yaitu coverage, kapasitas, serta kualitas. Ini juga perlu percepatan. Kalau kita mau jadi negara maju, maka effort yang mana harus kita lakukan luar biasa,” ujar Menteri Budi Arie.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengapresiasi perkembangan layanan pusat data di tempat lokasi strategis dengan interkonektivitas yang memadai. Menurutnya hal itu akan dapat menunjang pertumbuhan sistem ekologi digital di dalam Indonesia.

Baca Juga:  Isu Belasan Menteri Mundur, Menkominfo Hubungi Menlu Retno

Komisaris Utama BDDC Setyanto Hantoro mengapresiasi dukungan pemerintah dan juga seluruh penyelenggara jasa internet pada Indonesia.

“Tujuan kami hanya saja menyediakan platform digital untuk kolaborasi antarpemain digital, agar bersama-sama dapat menyokong tumbuhnya perekonomian digital dalam Indonesia. Kita butuh support yang mana sangat besar dari pemerintah. Kami apresiasi support kementerian juga seluruh penyelenggara jasa internet,” ungkapnya.

Setyanto Hantoro menyatakan BDDC akan menjadi titik kumpul digital enabler di tempat Indonesia serta menciptakan pusat interkonektivitas yang tersebut tinggi guna memenuhi kebutuhan berbagai sektor bisnis sesuai variasi lalu skala perusahaan yang mana diperlukan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button