Bisnis

Menhub Soal Tabrakan KA di tempat Cicalengka: Ada Human Error

Satelitemx.net – JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan salah satu indikasi pemicu terjadinya kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal di area Cicalengka, Jawa Barat adanya pelanggaran SOP (Standar Operasional Prosedur).

“Bahwa ada satu kemungkinan, ada kesalahan teknis, pelanggaran SOP, berarti faktor manusia, lalu lain lain yang mana sedang kita identifikasi,” ujar Menhub di Raket Bersama Komisi V DPR RI, Kamis (18/1/2024).

Berkaitan adanya kecelakaan tersebut, Menhub mengungkapkan setidaknya ada 3 rencana yang tersebut disiapkan untuk meningkatkan faktor keamanan perjalanan Kereta Api kedepannya. Pertama pada jangka pendek, Menhub berjanji akan datang melakukan reformasi kemudian pembaharuan terkait SOP operator kereta api. Reformasi Sumber Daya Manusia, dikatakan Menhub, menjadi bagian yang mana tidaklah terpisahkan pada rangka meningkatkan faktor keselamatan para pengguna Kereta Api.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan menuntaskan pengerjaan jalur double track, utamanya pada jaringan kereta api pada pulau Jawa. Sebab diketahui, pada waktu ini baru sekitar 80% jaringan Kereta Api dalam Jawa yang dimaksud telah menggunakan double track.

“Pada tahun 2024 ini kita mengupayakan semua single track menjadi double track. Tapi untuk double track di dalam Cicalengka akan selesai pada bulan Mei,” kata dia.

Kemudian upaya ketika di rangka meningkatkan aspek keselamatan operasional kereta api, Kemenhub juga berikrar untuk mengubah sistem persinyalan yang mana masih dijalankan secara manual. Komponen ini justru yang paling rawan terjadi kesalahan pada memberikan sinyal secara manual.

“Berkaitan dengan sinyal masih ada beberapa sinyal manual, maka ini kita bereskan kesulitan persinyalan khususnya di dalam Jawa,” tutupnya.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  BRI Daerah Palembang Catatkan Pertumbuhan Kredit 10,85%, Raih Laba Rupiah 2,17 Billion

Related Articles

Back to top button