Nasional

Megawati Dihadiahi Dua Buku Saat Melakukan Pertemuan Paus Fransiskus di area Vatikan, Apa Isinya?

Satelitemx.net – Presiden Kelima RI yang mana juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dihadiahi dua buah buku oleh Paus Fransiskus ketika bertemu dalam Vatikan.

Berdasarkan keterangan yang mana diterima Suara.com, buku karya Paus Fransiskus ini berjudul ‘Laodato Si’ kemudian ‘Laudate Deum’. Kedua buku itu berisi tentang krisis iklim dan juga krisis kemanusiaan.

Buku itu diterima Megawati usai mengatur rapat dengan Paus Fransiskus di area Istana Apostolik atau Kepausan di area Vatikan, Mulai Pekan (18/12/2023) siang waktu setempat.

Awalnya, Megawati dengan rombongan juri Zayed Award untuk Persaudaraan Individu atau Zayed Award for Human Fraternity 2024 menyelenggarakan dialog dengan Paus Fransiskus.

Di mana, Megawati menjadi salah satu juri dengan lima tokoh dunia pada turnamen tersebut.

Usai konferensi itu, Megawati mengatur rapat khusus dengan Paus Fransiskus di tempat salah satu ruangan di area Istana Apostolik, Vatikan.

Dalam kesempatan itu, Megawati didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang digunakan juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey lalu Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Selepas pertemuan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan bahwa Megawati dengan Paus Fransiskus berdialog berbagai mengenai toleransi lalu inovasi iklim selama kurang lebih lanjut 15 menit.

Setelah itu, Megawati mendapat hadiah dua buah buku dari Paus Fransiskus.

“Kami tadi diberikan buku. Dua buku oleh Paus Fransiskus yang mana di tempat pada buku itu Paus terkait global warming,” kata Puan.

Puan menyebut, buku karya Paus Fransiskus itu sangat luar biasa. Pasalnya, ia mengulas bahwa buku itu tak secara dengan segera mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  Anwar Usman Hadiri Pembacaan Sumpah Hakim Konstitusi Arsul Sani dalam Istana

Namun, pada dalamnya berisi implementasi dengan segera dari nilai-nilai yang mana ada di area Pancasila.

“(Buku karya Paus) bukan segera menyatakan Pancasila tetapi secara langsung implementasi dengan apa yang mana ada pada Pancasila kelihatannya tercantum di buku tersebut,” ucap Puan.

“Tadi Paus memberikan segera terhadap dua buku yang ditulisnya,” sambung dia.

Puan mengungkapkan, Paus Fransiskus sangat berharap buku karyanya itu dapat disebarkan kemudian diajarkan untuk banyak orang.

“Iya, buku itu juga ditandatangani secara langsung oleh Paus Fransiskus,” jelas dia.

Sebagai informasi, pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Megawati serta rombongan berlangsung sangat hangat. Di mana, Paus Fransiskus memerima Megawati lalu rombongan dalam salah satu ruang.

Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta SVD pun berkesempatan menjadi penerjemah pada konferensi Paus Fransiskus dengan Megawati juga rombongan.

Paus Fransiskus serta Megawati pun berdialog juga mengkaji beberapa hal yang tersebut menjadi perhatian. Diantaranya, perihal kerukunan antar umat beragama kemudian ancaman perubahm iklim yang tersebut membahayakan alam dan juga manusia.

Acara pertemuan Megawati lalu Paus Fransiskus pun ditutup dengan foto bersama.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button