Nasional

Megawati Melakukan Pertemuan Paus Fransiskus di dalam Vatikan, Ini adalah Pesannya Soal Kerukunan di dalam Indonesia

Satelitemx.net – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di tempat Istana Apostolik, Vatikan, Hari Senin (18/12/2023) jelang siang waktu setempat.

Berdasarkan keterangan resminya dikutipkan Suara.com, pertemuan yang berlangsung selama kurang tambahan 15 menit itu, Megawati juga Paus Fransiskus turut mengeksplorasi sebagian hal yang digunakan menjadi perhatian dunia.

Awalnya, Megawati dengan para badan juri Zayed Award bertemu Paus Fransiskus guna berdialog terkait penjurian Zayed Award untuk Persaudaraan Orang atau Zayed Award for Human Fraternity 2024.

Usai pertemuan itu, Megawati dan juga delegasi Indonesia mengadakan konferensi khusus dengan Paus Fransiskus pada salah satu ruangan pada Istana Apostolik atau Kepausan dalam Vatikan.

Dalam kesemapatan itu, Megawati didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey lalu Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Megawati serta rombongan berlangsung hangat. Paus Fransiskus memerima Megawati juga rombongan di tempat salah satu ruang.

Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta SVD pun berkesempatan menjadi penerjemah pada konferensi Paus Fransiskus dengan Megawati serta rombongan.

Paus Fransiskus juga Megawati pun berdialog juga mendiskusikan banyak hal yang tersebut menjadi perhatian. Di antaranya, persoalan kerukunan antar umat beragama juga ancaman perubahm iklim yang membahayakan alam kemudian manusia.

“Ketika saya bertemu dengan rombongan, memang sebenarnya beliau (Paus Fransiskus) mengajukan permohonan untuk supaya apa yang tersebut terjadi dalam Indonesia pada hidup kerukunan beragama agar diteruskan,” kata Megawati usai pertemuan dengan Paus Fransiskus pada kompleks Istana Apostolik.

Baca Juga:  Wamenkumham Eddy Ngacir Hindari Wartawan dalam DPR, Takut Dicecar Soal Tersangka?

Sementara, Puan Maharani yang dimaksud turut terlibat di rapat itu menyampaikan, bahwa bangsa Indonesia sangat menaruh perhatian penting di menjaga perdamaian dunia.

Puan juga menyebut, Megawati turut menyampaikan bagaimana climate change atau inovasi iklim sangat memengaruhi dunia terkait apa yang dimaksud terjadi dengan situasi hari ini.

“Paus Fransiskus memberikan masukannya bahwa kita sebagai sesama manusia harus sama-sama menjaga perdamaian, kemudian toleransi beragama masih dijaga lalu bagaimana dunia sekarang kemudian masa depan itu dijaga perdamaiannya,” ucap Puan menirukan arahan Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus, kata Puan, juga mengupayakan agar Indonesia terus mempertahankan lalu saling menjaga nilai toleransi antat umat beragama. Apalagi, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dalam dunia.

“Indonesia yang tersebut terdiri dari berbagai agama sekalipun merupakan negara muslim terbesar, kami juga melakukan toleransi. Dan Paus Fransiskus menyampaikan bahwa hal itu harus tetap saja dipertahankan, dan juga kita harus sama-sama menjaga agar toleransi beragama serta perdamaian yang mana ada dalam dunia bisa jadi masih terjaga,” jelas Puan.

Puan juga menegaskan tidaklah ada pembicaraan perihal urusan politik di pertemuan Megawati serta Paus Fransiskus.

“Kita enggak bicara politik, kita bicara tentang bagaimana kita berama-sama menjaga perdamaian,” tegas Puan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button