Lifestyle

Masuk Hagia Sophia Turki Tidak Lagi Gratis, Wajib Bayar Tiket Masuk Rp425 Ribu

Satelitemx.net – TURKI Hagia Sophia pada Turki pada saat ini tiada lagi gratis untuk wisatawan. Sebab sejak Senin, 15 Januari 2024, wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi destinasi wisata yang berada di dalam Istanbul tersebut.

Dilansir dari VN Express, Rabu (17/1/2024), adapun tiket masuk Hagia Sophia yang harus dibayar wisatawan sebesar 25 Euro atau setara dengan Rp425 ribu per orang.

Selain itu, wisatawan asing yang dimaksud akan mengunjungi masjid bekas katedral itu akan diarahkan dalam pintu samping. Sedangkan pintu masuk utama pada masa kini diperuntukkan bagi warga Turki.

Tiket yang disebutkan sudah ada termasuk akses ke terowongan terbuka. Di mana wisatawan dapat mengunjungi Hagia Sophia tanpa mengganggu salat. Biaya tiket masuk ini pun menyebabkan beberapa orang wisatawan terkejut.

Masuk Hagia Sophia Turki Tidak Lagi Gratis, Wajib Bayar Tiket Masuk Rp425 Ribu

Foto/Live and Let’s Fly

Bahkan, semata-mata beberapa wisatawan yang membayar tiket masuk pada hari pertama peraturan yang disebutkan resmi diberlakukan. “Kemarin gratis (wisatawan) kaget,” kata pribadi petugas yang mengarahkan pengunjung lewat.

Menurut petugas tersebut, wisatawan Muslim non-Turki juga wajib membayar tiket masuk, bahkan apabila dia ingin salat. Namun, warga Turki yang ingin mengunjungi Hagia Sophia untuk tujuan ibadah tak akan dikenakan biaya alias gratis.

Di sisi lain, tiket masuk yang dimaksud memberikan akses ke galeri lantai melawan serta museum pada situs Warisan Planet Unesco yang digunakan menjadi magnetik bagi wisatawan. Menteri Kebudayaan serta Perjalanan Turki Mehmet Nuri Ersoy mengumumkan langkah baru ini pada Oktober lalu.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  7 Tempat Paling Menakutkan dalam Dunia, Nomor 5 Dikenal Angker

Related Articles

Back to top button