Bisnis

Ma’ruf Amin Dapat Apa Saja Setelah Pensiun, Ada Rumah Hingga Puluhan Juta per Bulan

Satelitemx.net – Sebentar lagi masa jabatan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin akan segera berakhir pada tahun depan. Sejak pemilihan umum presiden (pilpres) pada 2019 lalu, Ma’ruf resmi menduduki kursi orang nomor dua RI setelahnya menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masa jabatan sang duta presiden RI ini akan segera berakhir pada tahun 2024 mendatang. Untuk itu, sebagai Wapres, dirinya pasti akan mendapat uang pensiun sebagaimana pejabat negara lainnya.

Fasilitas Setelah Ma’ruf Amin Pensiun Sebagai Wapres

Ma’ruf Amin akan mendapatkan tunjangan akhir sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden serta Wakil presiden juga berkas presiden kemudian duta presiden Republik Indonesia.

Dalam Undang-undang yang dimaksud menerangkan bahwa besaran upah pensiun yang tersebut akan diterima oleh presiden dan juga delegasi presiden adalah 100% dari pendapatan pokok terakhir. Adapun upah presiden yang mana dimaksudkan yaitu 6 kali dari pendapatan pokok tertinggi pejabat negara, sedangkan duta presiden sebesar 4 kali pendapatan pokok.

Besaran penghasilan pokok tertinggi individu pejabat negara seperti Ketua MPR, DPR, DPA, BPK, lalu MA, yakni sebesar Simbol Rupiah 5.04 jt per bulan. Hal ini sebagaimana telah dilakukan tertuang pada Pasal 1 poin a Peraturan pemerintahan (PP) Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan juga Anggota Lembaga Tinggi Negara dan juga Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara. 

Maka, besaran penghasilan duta presiden Ma’ruf Amin adalah empat kalinya yakni sebesar Rupiah 20,16 juta. Dengan demikian, Ma’ruf Amin akan memperoleh pendapatan pada masa pensiunnya sebesar Rp20,16 jt per bulan.

Sebagai informasi, delegasi presiden hanya sekali akan menerima uang pensiun, bukan termasuk tunjangan yang dimaksud melekat. Saat ini duta presiden Ma’ruf Amin mendapatkan tunjangan sebesar Rp22 jt per bulan.

Baca Juga:  Waspada Penipuan, Hal ini Cara Aman Berbelanja di dalam Akhir Tahun

Meski demikian, seseorang duta Presiden di masa pensiunnya akan diberikan rumah oleh negara. Tunjangan yang dimaksud mencakup biaya rumah tangga yang tersebut terkait dengan pemakaian air, listrik juga telepon, hingga tunjangan kemampuan fisik seluruh keluarganya.

Tak hanya saja itu, rumah yang disediakan yang dimaksud akan diberikan dengan seluruh perlengkapannya. Presiden lalu duta presiden juga akan mendapatkan kendaraan sebagai mobil dinas dan juga sarana pengamanan dari pasukan pengamanan presiden dan juga perwakilan presiden.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button