Nasional

Mahasiswinya jadi Tersangka Kasus Penipuan Tiket Coldplay Rp5,1 M, Ini Dalih Trisakti Belum Drop Out Gischa Debora

Universitas Trisakti belum juga menjatuhkan sanksi drop out (DO) terhadap Ghisca Debora Aritonang, walaupun mahasiswi Fakultas Ekonomi angkatan 2022 itu telah dilakukan berstatus tersangka penyalahgunaan tiket konser Coldplay.

Kepala Humas Universitas Trisakti, Dewi Priandini mengatakan, untuk mengeluarkan mahasiswa, pihaknya memiliki aturan di dalam antaranya yakni jika mahasiswa yang bukan ada kabar dan juga sudah melalui serangkaian peringatan.

“Jadi kalau di area Trisakti memang ada tata aturan untuk men-DO Mahasiswa, ada tata laksananya,” kata Dewi, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Rabu (22/11/2023).

Dia berdalih, ada lembaga di tempat tiap fakultas yang mana menangani adanya pelanggaran baik yang mana dikerjakan mahasiswa maupun dosen.

“Jadi di dalam kedinasan tiap fakultas itu kita ada komdis (komite kedisiplinan) atau komite etiknya gitu lah. Itu yang menangani baik mahasiswa atau pun dosen yang dimaksud diduga sesuai ada ketentuannya, tatibnya (tata tertib) ada misal narkoba, bawa sajam, dan juga lain-lain,” katanya.

Polisi resmi menetapkan Ghisca Debora Aritonang sebagai tersangka kasus pembohongan tiket Coldplay. (Suara.com/M Yasir)
Polisi resmi menetapkan Ghisca Debora Aritonang sebagai tersangka kasus kecurangan tiket Coldplay. (Suara.com/M Yasir)

Ghisca sendiri, kata Dewi, memang masih berstatus sebagai mahasiswi Trisakti. Namun ia sudah tiada berpartisipasi sejak satu semester terakhir lantaran jarang masuk perkuliahan.

Dewi mengatakan, biasanya untuk mendrop out mahasiswa pihaknya harus melakukan panggilan terlebih dahulu

“Biasanya itu, panggilan pertama dulu. Ada surat panggilan pertama itu tiga kali tiba itu juga yang tersebut bersangkutan ke keluarga juga. Kalau ke Ghisca juga enggak mungkin krna sudah ditahan. Jadi orang tuanya,” kata Dewi.

Dewi mengatakan, pihaknya sangat mengikuti prosedural. Jika memang tiga kali orang tua Ghisca bukan hadir dalam pemanggilan, barulah pihak universitas mengeluarkan surat drop out.

“Kalau memang tiga kali tak hadir, baru keluar itu surat DO. Tapi sedang dalam proses di tempat dalam komdisnya,” tutup Dewi.

Baca Juga:  Dukung Pengembangunan UMKM, Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Vending Machine untuk Kemudahan Pemasaran Sistem
Ghisca Debora Aritonang (X/@tokoparmo)
Ghisca Debora Aritonang (X/@tokoparmo)

Sebelumnya, polisi telah dilakukan menetapkan Ghisca Debora Aritonang sebagai tersangka dalam kasus penggelapan tiket konser Coldplay. yang dimaksud nilainya mencapai Rp5,1 miliar. Dalam kasus ini, polisi juga telah dilakukan menjebloskan Ghisca ke penjara.

Ratusan orang menjadi korban kecurangan Ghisca, totalnya pun tak main-main.

Berdasarkan Pusat Pelaporan kemudian Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) penggelapan tiket konser Coldplay yang dimaksud disebabkan oleh Ghisca mencapai Rp40 miliar.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button