Bisnis

Mahasiswa Jangan Banyak Gaya Ajukan Pinjol, Nanti Susah Cari Kerja

SateliteMX.net – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan mahasiswa untuk bukan bergaya dengan mengajukan pinjaman online (pinjol). Pasalnya, akan datang banyak risiko menanti, jika menunggak pembayaran.

Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan OJK Halimatus Sa’diyah menjelaskan, salah satu risiko jika menunggak yaitu masuk dalam daftar hitam sampai sulit mendapatkan pekerjaan.

Sebab, utang pinjol yang digunakan belum terbayar akan mempengaruhi skor kredit dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

“SLIK itu berisi info keuangan. Catatan kredit kita di dalam industri jasa keuangan. Jangan sampai kita santai pakai paylater, tapi nggak bayar. Itu tercatat. Kemarin heboh sampai fresh graduate nggak diterima kerja,” ujarnya dalam diskusi dalam UPN Veteran Jakarta yang tersebut dikutip, Selasa (20/11/2023).

Halimatus mengingatkan, mahasiswa dapat memperhitungkan terlebih dahulu kemampuan membayar, sebelum mengajukan pinjol. Pasalnya, SLIK menggambarkan integritas seseorang di dalam sektor keuangan yang berisikan angka-angka apakah orang yang disebut tertib di tempat sektor keuangan atau tidak.

“Sebenarnya kadang dipertanyakan korban atau nggak sebab sebenarnya uangnya sudah diterima (konsumen). Dia mungkin nggak ngukur, dia nggak mampu. Memang pada balik kemudahan pasti ada risikonya. Ambilnya kan gampang, agunan dan juga sebagainya. Tapi pasti ada risiko, bunga tinggi, jangka pendek, kita harus hitung bisa jadi bayar lagi nggak sih,” ujarnya.

Menurut dia, sebenarnya mahasiswa bisa jadi mengecek secara rutin skor kredit di tempat SLIK. Karena, banyak pihak lain yang dimaksud menggunakan nama seseorang untuk mengajukan pinjol.

“Kadang juga kalau cicilan sudah lunas, tapi kadang ada denda bunga yang tersebut belum dibayar. Jadi kita kol 2, 3. Ini kalau kita tahu, segera selesaikan. Jangan sampai kalau pas kita butuh meminjam malah nggak bisa saja dikarenakan skor jelek,” pungkas dia.

Baca Juga:  Mingguan Depan Sri Mulyani Mau Terbitkan Surat Utang Senilai Rp36 Ribu Miliar

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button