Nasional

Lewat Saksi Ini, KPK Usut Dugaan Eddy Hiariej Bisa Urus Kasus

Satelitemx.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang mengusut persoalan peran eks Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej terkait dugaan keterlibatannya di pengurusan sengketa internal PT Cirta Lampia Mandiri (CLM).

Pengusutan peran Eddy Hiariej itu dijalankan penyidik KPK lewat keterangan dari pihak swasta bernama Nicolaus Hasyim. Pemeriksaan terhadap Nicolaus Hasyim dijalankan pada Hari Jumat (15/12/2023) lalu.

“Saksi hadir juga didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan peran terdakwa EOSH (Eddy Hiariej) di memuluskan penyelesaian sengketa internal PT CLM dari sisi terdakwa HH (Helmut Hermawan),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri lewat keterangannya yang dimaksud diterima Suara.com, Awal Minggu (18/12/2023).

Resmi Tersangka

Eddy serta dua anak buahnya, Yosi Andika Mulyadi, serta Yogi Arie Rukmana dijadikan KPK sebagai terdakwa penerimaan suap serta gratifikasi senilai Rp8 miliar dari Direktur Utama PT Cirta Lampia Mandiri (CLM) Helmut Hermawan.

Pemberian uang itu untuk menyelesaikan tiga perkara Helmut pada Kementerian Hukum dan juga HAM, dan juga Bareskrim Polri.

KPK baru menahan Helmut di area Rutan KPK untuk 20 hari pertama, tehitung sejak tanggal 7 sampai dengan 26 Desember 2023.

Sedangkan Eddy dan juga dua anak buahnya belum ditahan. KPK menegaskan segera memanggil ketiganya untuk dijalankan penahanan.

Terkait penetapan dituduh itu, Eddy Hiariej akhirnya menggugat KPK dengan melayangkan permohonan praperadilan. Gugatan praperadilan Eddy Hiariej saat ini masih bergulir pada Pengadilan Negeri Ibukota Indonesia Selatan. 

(Sumber: Suara.com)

Baca Juga:  Profil Abdul Gani Kasuba, Gubernur Malut yang dimaksud Kena OTT KPK Punya Harta 'Cuma' Rp6 M

Related Articles

Back to top button