Nasional

Kunker ke Papua, Jokowi Langsung Cek Persediaan Beras untuk Keluarga Penerima Manfaat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melangsungkan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Rabu (22/11/2023). Jokowi akan melaksanakan beberapa rencana di dalam Bumi Cenderawasih tersebut.

Menurut informasi yang dimaksud disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi menempuh perjalanan udara selama empat jam dari Jakarta.

Kemudian, Jokowi tiba dalam Bandara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor sekitar pukul 16.10 WIT.

Di sana, Jokowi langsung disambut oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Ada pula Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Pangkoopsud III Marsda TNI Donal Kasenda, dan juga Danlanud Manuhua Marsma TNI Yostariza mengambil bagian menyambut kedatangan Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat tiba di area Bandara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu (22/11/2023). [Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat tiba di area Bandara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu (22/11/2023). [Kris – Biro Pers Sekretariat Presiden]

Setelahnya, Jokowi lalu rombongan melanjutkan perjalanan menuju Komplek Pergudangan Bulog Mandala untuk mengecek persediaan beras dan juga membagikan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah kepada beberapa orang keluarga penerima manfaat (KPM).

Terpisah, Jokowi dikabarkan akan melakukan peletakan batu pertama perkembangan Rumah Sakit Muhammadiyah Unimuda Sorong, Papua pada Jumat (24/11/2023).

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang mana membawa Presiden Jokowi kemudian rombongan landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta sekira pukul 10.00 WIB.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Papua adalah Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan juga Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah mengunjungi Papua pada Maret 2023.

Saat itu, Kepala Negara meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di tempat Abepura, Kota Jayapura.

Di sana, mantan Gubernur DKI Jakarta yang disebut disuguhkan dengan beragam kebudayaan Papua sekaligus produk-produk buatan lokal.

Baca Juga:  China: Resolusi DK PBB Tak Sesuai Harapan, Serangan negeri Israel Harus Segera Dihentikan Tanpa Syarat

Ia mengaku kagum melihat Gedung PYCH yang dimaksud bisa saja menjadi wadah kreativitas masyarakat.

“Di Indonesia ini yang pertama dalam Papua. Saya juga minta agar dibangun di tempat NTT, Papua Barat, Maluku kemudian Aceh, mulai tahun ini. Supaya dapat selesai tahun depan. Ditiru semata semua yang tersebut ada dalam sini, sebab semuanya sudah sangat bagus sekali,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan, Indonesia akan datang mengalami bonus demografi pada 2035.

Itu artinya sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif. Untuk dalam Papua sendiri, diperkirakan ada 2,6 jt atau 60 persen penduduk Papua dan juga Papua Barat ialah anak-anak muda.

Oleh sebab itu, pentingnya untuk menyiapkan wadah hingga kesempatan kerja bagi anak-anak muda di tempat Papua khususnya.

“Pembangunan Indonesia sekarang ini bukan Jawa Centris tapi Indonesia Centris lalu Tanah Papua menjadi prioritas pembangunan.”

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button