Lifestyle

Kisah ‘From Zero to Hero’ Agus Subiyanto Pernah Dihajar Polisi Militer

SateliteMX.net – Jenderal Agus Subiyanto yang digunakan dahulu berangkat dari sosok yang sederhana saat ini berhasil menikmati puncak kariernya usai dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI (Purn.) H. Yudo Margono.

Agus Subiyanto punya kisah hidup zero to hero alias pernah hidup susah bahkan hingga pontang-panting mencari pekerjaan juga gagal mendaftar menjadi Satpam. Bahkan pada saat sebelum ia berkarier di area TNI, Agus pernah punya pengalaman dianiaya oleh Polisi Militer (PM).

Kilas balik cerita hidup Agus Subiyanto: Dihajar Polisi Militer gegara tak pakai helm

Agus Subiyanto yang mana dilantik oleh Presiden Jokowi di dalam Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023) ternyata dahulu pernah punya pengalaman tak mengenakan yang mana melibatkan anggota militer.

Ironisnya, Agus Subiyanto saat ini tampak tak menyimpan dendam ke instansi TNI kemudian justru menjadi pria nomor satu dalam militer RI.

Agus kala ditemui di dalam Mabes Angkatan Darat, Kamis (16/11/2023) menceritakan kisah masa lalunya itu.

Adapun Agus mengingat pada waktu ia masih SMA, tepatnya pada Februari 1986. Agus pada waktu itu memasuki momen penghujung lulus SMA lalu berkeliling dalam dalam seputar Cimahi.

Agus yang dimaksud pergi dengan rekan-rekannya untuk nongkrong yang disebut kebetulan sedang tak memakai helm.

Nahas, Agus juga rekan-rekannya diberhentikan oleh pribadi anggota PM setibanya dalam Leuwigajah, Baros. Agus ingat betul bahwa di dalam label nama anggota PM yang tersemat nama ‘Harahap.’

Sang tentara akhirnya menggiring Agus untuk dibawa ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) Cimahi. Sontak, sang tentara akhirnya melepaskan serangan ke tubuh Agus juga teman-temannya.

Agus yang tersebut terkenal sebagai ‘tukang gelut’ itu menahan rasa sakit sambil menatap mata sosok anggota PM hal tersebut dengan sembari menyimpan dendam. Agus pada pikirannya terbesit kalimat “Lihat semata jika aku nanti jadi tentara,” sebagaimana yang ia turut tuangkan di area buku autobiografinya yang mana berjudul Believe.

“Lihat belaka aku nanti jadi tentara” akhirnya jadi realita

Baca Juga:  Siti Atikoh Diberi Kain Tenun Minahasa Bentenan, Tanda Kehormatan di tempat Sulawesi

Agus sontak bersusah payah untuk mendaftar tentara. Ia sempat melamar ke Sekolah Calon Bintara (Secba) Kodam Siliwangi. 

Pria kelahiran Cimahi ini dibuat bingung oleh hasil tes yang dimaksud ia tempuh, sebab kala itu tertera bahwa ia tidak ada lulus tapi direkomendasikan untuk mengikuti Sekolah Calon Perwira (Secapa).

Agus kadung bingung lalu memilih untuk mendaftar sebagai Satpam di dalam berbagai tempat namun tak pernah hoki.

Pada akhirnya, Agus mencoba keberuntungannya untuk kedua kalinya lalu berakhir diterima tes masuk Akabri. Tak cukup di tempat situ, Agus juga didapuk menjadi lulusan terbaik se-Jawa Barat.

Agus yang dimaksud akhirnya berhasil menjadi tentara berkat dendamnya yang juga berujung menikmati berbagai jabatan mentereng di area TNI.

Sebelum didapuk Jokowi jadi Panglima, Agus sempat menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD). 

Kontributor : Armand Ilham

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button