Bisnis

Keuntungan Bagi ASN/PNS yang digunakan Mau Pindah ke IKN Nusantara Tahun 2024

SateliteMX.net – Wacana ASN yang digunakan akan mulai dipindahkan mulai Maret 2024 mendatang mendapatkan banyak tanggapan dari masyarakat. Hal ini juga disusul dengan pertanyaan ASN yang tersebut pindah ke IKN Maret 2024 dapat keuntungan apa saja? Sebab kepindahan ini sifatnya akan permanen dan juga ASN akan menetap di tempat sana.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa terdapat simulasi pemindahan ASN yang ada pada pemerintahan pusat untuk bertahap dilakukan. Periode awalnya adalah Maret 2024, dilanjutkan pada Juli, lalu kemudian Agustus 2024.

ASN yang mana Pindah dapat Apa Saja?

Pertanyaan ini cukup masuk akal, terlebih bagi mereka itu yang tersebut sudah berkeluarga. ASN yang berada pada pemerintahan pusat akan dipindahkan ke IKN, yang mana berlokasi pada Kalimantan.

Faktor ekonomi, pendidikan, serta prasarana pendukung lainnya jelas wajib dipersiapkan oleh pemerintah agar birokrasi dapat berjalan dengan baik, juga pekerjaan yang tersebut dimiliki ASN dapat terlaksana.

Beberapa prasarana serta benefit yang tersebut diberikan pemerintah antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pemerintah tanggung biaya pemindahan yang tersebut muncul
  • Menempati sekitar 211 tower apartemen yang mempunyai setidaknya 11,619 unit tempat tinggal
  • Menerima biaya pindah kemudian tunjangan kemahalan
  • Tersedianya flexible facility arrangement yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ASN
  • Mendapat tanggungan pasangan ASN beserta dengan dua anak lalu satu asisten rumah tangga
  • Biaya tunggu lalu biaya penginapan transit pada Balikpapan
  • Tersedia biaya angkutan barang, uang harian selama proses pemindahan, biaya transportasi, dan juga biaya pengepakan

Dengan benefit ini, pemerintah berharap ASN yang akan dipindahkan benar-benar dapat menjalani proses transisi dengan lancar serta tanpa hambatan. Dalam waktu singkat setelah sampai di area IKN, ASN dapat langsung mengerjakan pekerjaannya seperti semula sehingga tak ada proses birokrasi atau ketatanegaraan yang digunakan harus tertunda.

Baca Juga:  Video Jokowi Bagi-bagi Uang Viral, Ini adalah Keterangan Lengkapnya

Total Ada 35 Kementerian

Secara umum pemerintah akan memindahkan ASN dari 35 kementerian ke IKN secara bertahap. Pada tahap pertama, hampir 17,000 ASN akan dipindahkan ke IKN. Komposisi ini terdiri dari lebih banyak dari 11,000 ASN dari 35 kementerian dan juga lembaga, serta lebih besar dari 5,700 personel TNI maupun Polri yang mana ditugaskan untuk mengamankan IKN.

Secara bertahap jumlah total ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga nantinya birokrasi pada IKN akan berjalan dengan optimal.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button